Tentang Kartu Prakerja dan Cara Mendapatkannya

No comment 71 views

Kartu prakerja, sepertinya kebanyakan orang sudah mengetahui apa itu kartu prakerja. Yah, kartu prakerja adalah merupakan sebuah program pemerintah semasa kabinet Indonesia Maju, yang pertama kalinya di mulai pada bulan April 2020. Program ini memiliki tujuan yang sangat baik, terutama dalam hal peningkatan mutu calon pekerja ataupun mereka yang ingin mandiri secara ekonomi. Cara mendapatkan kartu pekerja ini pun tidak begitu sulit, yang terpenting adalah peserta program adalah WNI dan sudah berusia di atas 18 tahun.

Cara mendapatkan kartu pekerja

Dalam program kartu prakerja ini, sebenarnya memprioritaskan pada pelatihan vokasi, yakni pengembangan/pelatihan softskill yang umum dibutuhkan dalam dunia kerja. Nah, ada banyak sekali pilihan pelatihan yang bisa diambil, jika Anda lolos seleksi Anda bisa mengikuti program pengembangan softskill ini secara gratis dan memperoleh sertifikat keahlian saat menyelesaikan tahapan pelatihan yang dilaksanakan secara online. Selain itu Anda juga dapat memperoleh bantuan uang tunai yang bisa digunakan untuk modal usaha.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan kartu prakerja-nya?

Cara mendapatkan kartu pekerja

Sekedar informasi, sampai dengan artikel ini kami terbitkan. Program kartu prakerja sudah memasuki gelombang ke-44, dan sedang dibuka pendaftarannya. Anda bisa mendaftarkan diri secara langsung melalui halaman resmi prakerja.go.id, namun dengan memperhatikan beberapa ketentuan-ketentuan berikut ini;

  1. Pastikan bahwa Anda tidak sedang menempuh pendidikan formal
  2. Prioritas pendaftar program kartu prakerja adalah mereka yang sedang menjadi pekerjaan, atau pekerja yang terkena PHK, serta pengusaha mikro/kecil.
  3. Bukan penerima bantuan sosial lain, terlebih di masa pandemi covid-19
  4. Bukan bagian dari aparat pemerintahan yang meliputi Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  5. Hanya diperkenankan 2 nomor NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Proses pendaftaran kartu prakerja ini sepenuhnya melalui online, bisa menggunakan hp ataupun komputer. Anda hanya perlu mengisi data diri sesuai dengan permintaan aplikasi. Kemudian mengunggah identitas (KTP) serta melakukan foto selfie berdampingan dengan KTP Anda sebagai bukti keabsahan data yang Anda ajukan.

Leave a reply "Tentang Kartu Prakerja dan Cara Mendapatkannya"