Cara Menambah Nafsu Makan Pada Anak

No comment 200 views

Nafsu makan pada anak-anak memang seringkali berubah-ubah. Terkadang si kecil banyak makannya, terkadang pula ia akan kehilangan nafsu makan dengan sendirinya. Kondisi seperti ini sebenarnya termasuk normal, karena ada banyaknya faktor yang mempengaruhinya. Namun pada umumnya, orang tua akan merasa cemas ketika mendapati hal ini. Takut-takut jika penurunan nafsu makan akan berdampak panjang, sehingga mempengaruhi tumbuh kembang si kecil.

Cara Menambah Nafsu Makan Pada Anak

Perlu diketahui bahwa kebutuhan kalori per hari untuk anak usia 2-3 tahun adalah 1.000 kkl. Sedangkan di usianya yang ke 4-8 tahun, membutuhkan setidaknya 1.200-1800 kkl perhari. Nah, jika kebutuhan kalori harian tersebut tidak terpenuhi, maka dikhawatirkan akan mengganggu tumbuh kembangnya. Maka dari itu, saat anak mengalami penurunan nafsu makan, orang tua harus segera mencari solusi agar nafsu makan si kecil kembali normal.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menambah nafsu makan pada anak;

  1. Sajikan makanan dengan tampilan yang menarik

Ini merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk menarik kembali nafsu makan si kecil yang sempat hilang. Menu makanan yang itu-itu saja, memang dapat membuat si kecil merasa bosan dan enggan untuk menyantapnya. Maka dari itu, agar si kecil tidak bosan, orang tua perlu melakukan sedikit inovasi terhadap menu makanannya. Misalnya dengan membuat penampilan yang lebih menarik, dari segi bentuk, warna hingga lauk-pauk yang mengundang selera. Jika perlu, kemas juga dalam kotak makanan dengan karakter kartun yang ia idolakan.

  1. Beri porsi makan kecil dan lebih sering

Jangan memaksakan anak untuk menghabiskan seluruh makanannya saat itu juga. Nah, jika si kecil sedang mengalami penurunan nafsu makan, ada baiknya orang tua memberikan porsi makan yang kecil, namun sering. Boleh juga diselingi dengan cemilan favoritnya. Dengan begitu, orang tua tidak perlu khawatir akan tidak tercukupi kebutuhan kalori hariannya.

  1. Beri asupan penambah nafsu makan

Salah satu asupan makanan yang dipercaya efektif untuk penambah nafsu makan adalah susu. Orang tua bisa memberikan susu pediasure complete, yang memang diformulasikan untuk anak yang mengalami masalah nafsu makan. Kandungan mikronutrisi, makronutrisi, asam linolenat dan asam linoleat pada susu, dapat mengatasi masalah gizi pada anak. Sehingga dengan begitu orang tua tidak perlu lagi merasa khawatir kalau anaknya akan kekurangan gizi.

Leave a reply "Cara Menambah Nafsu Makan Pada Anak"