Cara Menjaga Kadar Asam Urat Agar Tetap Normal

No comment 86 views

Asam urat, merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian persendian, sehingga menimbulkan rasa nyeri, kemerahan hingga bengka. Kemunculan penyakit ini disebabkan oleh naiknya kadar asam urat dalam tubuh, sehingga mengganggu persendian. Lantas, berapa kadar asam urat pada normalnya?

berapa kadar asam urat pada normalnya

Perlu Anda ketahui bahwa kadar asam urat setiap orang itu berbeda-beda. Tergantung dari usia, jenis kelamin, pola makan hingga kondisi kesehatan fisik seseorang. Namun normalnya, kadar asam urat untuk wanita dewasa adalah 2,4–6,0 miligram per desiliter (mg/dL), pria dewasa 3,1–7,0 mg/dL dan anak-anak 2,0–5,5 mg/dL. Untuk mengetahui berapa kadar asam urat sebenarnya, Anda bisa melakukan test asam urat di rumah sakit ataupun tempat-tempat  pelayanan kesehatan lainnya.

Pengaruh Kadar Asam Urat yang Tinggi dengan Kesehatan

Meningkatnya kadar asam urat dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya karena konsumsi makanan tinggi purin, konsumsi alkohol, mengkonsumsi obat diuretik dan lain sebagainya. Jika kadar asam urat ini meningkat dan melewati batas normal, maka dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, diantaranya;

  • Diabetes
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Leukemia
  • Polisitemia vera
  • Hipoparatiroidisme
  • Hipotiroidisme
  • Gangguan ginjal, seperti gagal ginjal.

Bagaimana cara menjaga asam urat agar tetap dalam kondisi normal?

  1. Menerapkan pola makan rendah purin

Tubuh manusia membutuhkan purin untuk dipecahkan menjadi asam urat. Bila kadar purin bertambah, maka asam urat yang dihasilkan pun akan semakin tinggi. Maka dari itu untuk menjaga asam urat tetap normal, hindari mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung purin seperti jeroan, daging merah, ikan teri, kerang-kerangan, udang, kepiting, sarden, tuna dan minuman beralkohol.

Selain itu, kurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung gula fruktosa yang tinggi. Dan perbanyak mengkonsumsi produk olahan yang rendah purin yang berasal dari susu rendah lemak ataupun buah-buahan yang mengandung vitamin C. Serta jangan lupa untuk minum air putih secukupnya, agar terhindari dari dehidrasi.

  1. Kurangi konsumsi lemak

Menjaga asam urat agar tetap dalam kadar yang normal juga bisa dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi makanan/minuman berlemak. Makan-makanan yang bersantan, gorengan dan mentega adalah satu satu penyumbang lemak terbesar di tubuh. Lemak-lemak yang masuk ke tubuh akan menghambat ekskresi (pengeluaran) asam urat melalui urine. Sehingga semakin banyak yang menumpuk, maka asam urat pun akan semakin tinggi kadarnya di dalam tubuh.

  1. Menjaga berat badan tetap ideal

Berat badan yang semakin bertambah (obesitas) juga menjadi faktor lain seseorang mengalami penyakit asam urat. Obesitas dapat memicu terjadi peningkatan kadar asam urat, yang umum terjadi di usia muda. Maka dari itu, pastikan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dengan terus menjaga berat badan agar tetap ideal. Sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya peningkatan kadar asam urat pada diri Anda.

Rutin berolahraga adalah satu satu cara yang mudah dilakukan untuk mengontrol berat badan. Selain itu, membatasi jumlah kalori harian dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi sangat dianjurkan.

  1. Cek asam urat Anda secara berkala

Hal lain yang juga harus dilakukan adalah dengan rutin melakukan pengecekan asam urat di fasilitas kesehatan. Atau bisa juga dengan melakukan pengecekan mandiri melalui alat cek asam urat yang bisa di beli secara bebas. Dengan mengetahui kondisi asam urat secara berkala, maka Anda bisa melakukan penanganan, saat asam urat mengalami peningkatan kadar.

Leave a reply "Cara Menjaga Kadar Asam Urat Agar Tetap Normal"