Tips Merawat Mobil Yang Benar

No comment 115 views
Tips Merawat Mobil

 

Tips merawat mobil baru ataupun bekas sebenarnya tidak jauh berbeda. Mobil apapun yang Anda miliki sudah selayaknya mendapatkan perawatan yang tepat agar tetap awet dan tahan lama untuk digunakan. Walaupun perawatan mobil bisa dipercayakan pada tempat-tempat service mobil, namun tidak ada salahnya juga kita belajar bagaimana cara merawat mobil yang kita miliki dengan benar. Sehingga dapat menghemat sedikit pengeluaran untuk biaya servicenya.

Mobil baru ataupun bekas sama-sama membutuhkan perawatan terbaik. Mulai dari perawatan pada bagian eksterior mobil seperti kaca dan lampu agar tidak mudah berembun. Hingga ke bagian interior seperti jok agar selalu mengkilap dan terhindar dari jamur. Hal ini penting, karena berkaitan dengan performa mobil. Jika semua sudah terawat dengan baik, maka Anda pun akan lebih tenang saat berkendara. Nah, buat Anda yang masih belum begitu tau bagaimana cara merawat mobil yang benar. Berikut beberapa hal penting yang sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri tanpa menggunakan jasa service mobil.

  1. Menjaga Cat Mobil

Salah satu perawatan eksterior mobil yang tak kalah penting adalah menjaga bagian cat mobil. Cat mobil merupakan bagian yang paling mendasar yang sering menjadi pusat perhatian orang-orang. Jika cat mobil terawat dengan baik, maka penampilan mobil juga akan semakin sedap untuk dipandang.

Banyak hal yang dapat menyababkan cat menjadi rusak. Bisa karena sinar matahari ataupun baret pada body mobil yang timbul karena kesalahan parkir, atau orang-orang iseng. Untuk mencegah agar warna cat tidak pudar karena terkena matahari, maka selalu tempat mobil Anda pada tempat-tempat yang terlindung dari cahaya matahari. Bila Anda ingin memarkir mobil Anda dalam waktu yang lama pada tempat terbuka, selalu gunakan sarung mobil sehingga cahaya matahari tidak langsung mengenai mobil Anda. Sedangkan untuk terhindar dari baret, selalu perhatikan sekeliling Anda jika berada di parkiran. Pastikan jarak aman dengan kendaraan lain agar tidak saling bersenggolan yang bisa menyebabkan baret. Selain itu, jangan gunakan deterjen bubuk bila ingin mencuci mobil. Sebab, butiran kasarnya dapat melukai cat mobil Anda. Sebaiknya gunakan sabun cair khusus mobil bila ingin mencuci mobil Anda, agar cat mobil tetap dalam keadaan baik.

  1. Penggantian Oli Mobil

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk perawatan sendiri mobil Anda adalah dengan penggantian oli mobil secara berkala. Biasanya untuk oli mobil, dapat dilakukan penggantian bila sudah mencapai jarak 5000 km. Namun banyak juga orang yang menyarankan untuk mengganti oli mobil setiap 7500 km. Agar tetapi bila Anda tidak memiliki cukup keterampilan mengganti oli sendiri, bisa mengunjungi tempat service mobil kepercayaan Anda. Dan pastikan, bahwa oli yang Anda gunakan adalah oli resmi (asli), untuk menjaga performa mesin tetap dalam kondisi terbaiknya.

  1. Air Radiator

Hal yang paling sering terabaikan oleh pengguna mobil adalah mengecek kondisi air radiator secara berkala. Air radiator sangat dibutuhkan agar mesin mobil tidak cepat panas. Jika air radiator kurang atau sampai kosong. Maka dapat menyebabkan mobil menjadi ‘ngadat’ hingga mengeluarkan asap putih yang mengepul. Kalau sudah begini, oli dapat naik ke tanggi radiator sehingga dapat menimbulkan masalah yang serius pada mobil Anda. Maka dari itu, selalu cek kondisi air radiator mobil Anda. Jika berkurang maka sebaiknya ditambahkan sebelum Anda memulai perjalanan. Dan jangan lupa untuk selalu membawa stok air untuk radiator, kapan pun Anda menggunakan mobil.

Leave a reply "Tips Merawat Mobil Yang Benar"