5 Manfaat Senam Ibu Hamil

No comment 115 views
Senam Ibu Hamil

 

Menjaga kebugaran semasa kehamilan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain dengan rutin mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi, Ibu juga bisa melakukan aktifitas olahraga ringan seperti senam ibu hamil.

Olahraga memang sudah menjadi kebutuhan selama masa kehamilan. Rutin berolahraga akan membantu menguatkan kandungan dan membuat tubuh Ibu menjadi lebih bugar. Namun perlu diketahui juga, bahwa Ibu tidak boleh melakukan olahraga yang berat. Sebab bisa menimbulkan masalah lain pada kandungan Ibu. Nah, jika hanya sebatas senam hamil saja, tentu itu tidak menjadi masalah. Karena senam hamil, lebih mengutamakan pernapasan ketimbangan gerakan-gerakan yang bisa membuat tubuh mengalami kontraksi.

Buat Ibu yang masih ragu untuk melakukan senam hamil. Berikut beberapa manfaat yang bisa Ibu rasakan, bila rutin melakukannya.

  1. Meningkatkan Energi

Sewaktu hamil, mungkin Ibu akan kehilangan banyak energi. Hal itu memang wajar, karena Ibu sudah tidak lagi sendiri. Melainkan telah membawa janin yang juga membutuhkan energi dari tubuh Ibu. Semakin besar janin, tentu ‘ia’ memerlukan banyak energi. Bila kebutuhan energi Ibu tidak turut meningkat seiring pertumbuhan janin, justru Ibu akan beresiko lebih cepat lelah dan malas. Maka dari itu, untuk meningkatkan energi selain mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, Ibu juga harus mengimbanginya dengan melakukan senam hamil. Dengan begitu tubuh akan menjadi lebih bugar dan berenergi.

  1. Mengatasi Masalah Sulit Tidur

Tak sedikit Ibu hamil yang mengalami masalah sulit tidur. Selain karena perubahan hormon, saat hamil juga lebih sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Akan tetapi semua itu bisa diatasi jika Ibu rutin melakukan senam hamil. Sebab, olahraga ringan seperti senam hamil, dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Ibu hamil.

  1. Meredakan stres dan membangun suasana hati yang baik

Manfaat terbesar olahraga bagi Ibu hamil adalah untuk meredakan stres. Stres dapat dialami oleh Ibu hamil, mulai dari sejak awal kehamilan, hingga menjelang saat-saat melahirkan. Hal tersebut jika tidak segera diatasi, maka dapat menyebabkan gangguan pada janin. Nah, salah satu cara yang paling aman untuk mengatasi ini adalah dengan berolahraga yang rutin terutama senam hamil.

Selain itu senam hamil juga bisa membantu untuk membangun suasana hati (mood) yang lebih baik. Hal ini dikarenakan saat tubuh mulai melepaskan stres-nya, yang tersisa hanyalah rasa senang dan tenang saja. Jadi, Ibu jangan ragu lagi ya untuk rutin berolahraga.

  1. Mengurangi ketidaknyamanan saat hamil

Rasa tidak nyaman pada saat hamil bisa berupa nyeri di punggung, pinggang ataupun bagian tubuh lainnya. Kondisi ini umum terjadi karena pada saat hamil, peredaran darah mengalami sedikit penyumbatan. Sehingga aliran darah ke seluruh tubuh ikut terganggu. Namun rasa ketidaknyamanan ini bisa sirna jika Ibu rutin melakukan senam hamil. Gerakan-gerakan senam akan membuat peredaran darah menjadi lancar, sehingga dapat meminimalisirkan nyeri-nyeri semasa kehamilan.

  1. Membantu tubuh mempersiapkan kelahiran

Sudah banyak studi yang menyebutkan jika senam hamil dapat membantu memperlancar proses persalinan. Bahkan di luar negeri sana, Ibu-ibu yang akan melahirkan, dianjurkan oleh dokter untuk rutin melakukan senam hamil. Biasanya, intensitas senam mulai ditingkatkan pada trimester terakhir. Hal ini dimaksud untuk mengurangi resiko-resiko kegagalan dalam proses persalinan normal.

Gerakan-gerakan senam hamil, dapat membantu menguatkan otot-otot kewanitaan. Sehingga nantinya Ibu bisa siap untuk menyambut proses persalinan dan bertemu dengan si buah hati.

Leave a reply "5 Manfaat Senam Ibu Hamil"