Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Ketiak pada Remaja

No comment 130 views
Cara Mengatasi Bau Ketiak

 

Ketika anak memasuki usia remaja, tentu aktifitasnya di sekolah juga semakin bertambah. Tak hanya sibuk dengan aktifitas belajar saja, terkadang kegiatan ekstrakurikuler seperti les ataupun olahraga juga telah menjadi bagian keseharian yang tak bisa dipisahkan. Nah, semua aktifitasnya tersebut tentu akan menghasilkan keringat berlebih yang dapat menyebabkan masalah bau ketiak. Memang hal ini terkesan hal yang sepele, namun jika cara mengatasi bau ketiak ini tidak dilakukan dengan tepat, tentu akan sangat mengganggu sekali. Terutama dalam kaitannya saat ia belajar maupun saat melakukan aktifitas lain di luar sekolah.

Lantas tahukah Anda, kenapa bau ketiak di usia remaja sering terjadi? Untuk menjawab hal ini, berikut ulasan selengkapnya.

  1. Perubahan hormon.

Pada saat anak memasuki usia remaja, anak sangat rentan dengan yang namanya perubahan hormon. Perubahan hormon ini disinyalir menjadi sebab mengapa remaja sering mengalami masalah bau ketika.

Pada saat remaja (puber), kelenjar keringat menjadi lebih aktif, sehingga area tubuh seperti ketiak, kulit kepala mengeluarkan keringat berlebih yang bercampur lemak. Kondisi seperti ini sangat rentan mengundang bakteri untuk tumbuh dan berkembangbiak sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap

  1. Tidak higienis.

Pada anak-anak khususnya yang masih berada dibawah usia remaja, mandi sekali sehari saja tidak akan menimbulkan bau badan/ketiak. Namun beda halnya ketika anak sudah tumbuh dewasa. Saat dewasa, tubuh lebih mudah mengeluarkan keringat, yang jika dibiarkan begitu saja (tidak mandi) maka dapat menyebabkan bakteri penyebab bau ketiak menjadi tumbuh dan berkembangbiak.

Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki anak remaja, selalu ingatkan Anak Anda untuk mandi 2-3 kali sehari, terlebih ketika ia melakukan aktifitas yang berat. Sehingga kebersihan tubuhnya tetap terjaga.

  1. Tidak mengganti pakaian.

Pakaian juga sangat berpengaruh pada masalah bau ketiak ini. Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, bahwa pakaian merupakan sarangnya bakteri. Jika pakaian kotor kemudian bercampur dengan keringat, maka bakteri akan lebih mudah berkembangbiak. Sehingga akan menimbulkan aroma yang tidak sedap pada tubuh anak remaja. Maka dari itu, selain menjaga kebersihan diri, anak juga harus menjaga kebersihan pakaiannya setiap hari.

Cara Mengatasi Bau Ketiak

Dari semua penyebab bau ketiak ini, lantas bagaimana cara mengatasi jika anak remaja sudah mengalami masalah bau ketiak? Lebih jelasnya, silahkan simak tips berikut ini.

  1. Menjaga ketiak tetap bersih.

Menjaga kebersihan ketiak dapat dilakukan dengan cara mandi menggunakan sabun yang mengandung anti-bakteri. Sabun anti-bakteri memang cukup ampuh untuk membunuh bakteri penyebab bau ketiak. Selain itu juga dapat membuat ketiak tetap bersih meskipun sedang berkeringat.

  1. Gunakan deodorant

Untuk mencegah keringat berlebih, Anda bisa memberikan anak remaja Anda produk deodorant. Selain dapat menambah kesegaran, zat anti-bakteri yang terkandung di dalam deodorant juga

cukup ampuh untuk mengurangi bakteri penyebab bau ketiak. Sehingga anak dapat lebih leluasa dengan aktifitasnya.

  1. Mandi 2 kali sehari terutama usai melakukan aktifitas yang menghasilkan banyak keringat.
  1. Menggunakan pakaian yang nyaman

Hindari menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan sintesis. Sebaiknya, gunakan pakaian yang terbuat dari serat alami. Selain lebih dingin dan nyaman digunakan, bahan dari serat alami seperti katun dan sebagainya, juga dapat menyerap keringat lebih baik, sehingga ketiak akan tetap kering dan terjaga kebersihannya.

  1. Hindari makan makanan yang terlampau pedas, sebab itu dapat memicu keluarnya keringat yang berlebih.

Leave a reply "Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Ketiak pada Remaja"