Penyebab Biang Keringat dan Cara Mengatasinya

No comment 146 views
Penyebab Biang Keringat

 

Biang keringat atau yang biasa disebut juga dengan keringat buntat adalah salah satu penyakit yang umum dialami oleh siapa saja termasuk anak-anak. Biang keringat ditandai dengan ruam berupa bintik merah/ pink yang muncul di bagian tubuh tertentu seperti leher, badan, bahu, punggung, kepala dan bagian-bagian tubuh lain yang tertutupi oleh pakai. Penyebab biang keringat sendiri sebenarnya sangat beragam. Namun apabila sudah terserang biang keringat, akan menimbulkan rasa gatal yang teramat, panas hingga timbul gelembung kemerahan yang berisi air (mirip seperti jerawat kecil).

Pada dasarnya timbulnya biang keringat ini dikarenakan tersumbatnya kelenjar keringat. Pada bayi atau anak-anak, fungsi kelenjar keringat masih belum sempurna seperti pada orang dewasa, sehingga biang keringat paling sering ditemui oleh bayi atau anak-anak. Bayi atau anak-anak yang terserang biang keringat, biasanya akan menjadi rewel dikarenakan rasa gatal yang tak tertahankan olehnya. Bila digaruk, justru akan menimbulkan luka yang akan meninggalkan rasa perih. Sebisanya anak terserang biang keringat harus segera diatasi, sebab jika tidak, maka akan membuat anak/bayi menjadi tidak nyaman dengan kondisinya. Bahkan akan berdampak pada semangatnya untuk makan maupun bermain.

Sebenarnya, tidak ada pengobatan khusus untuk mengobati bian keringat ini. Bila biang keringat yang muncul tidak disertai dengan gelembung-gelembung kecil berisi air, maka orang tua bisa memberikan bedak anti gatal yang bisa di dapat secara bebas di apotek untuk mengurangi rasa gatal akibat biang keringat. Namun apabila telah tampak tanda-tanda serius seperti gelembung yang berisi air, maka sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan oleh dokter ahli. Sebab, bisa jadi kemungkinan bukan biang keringat, justru ada indikasi lain yang harus diwaspadai.

Nah, agar biang keringat tidak muncul kembali. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua kepada anak-anaknya. Diantaranya yaitu:

  1. Hindari udara yang panas

Udara yang terlampau panas disinyalir dapat menjadi salah satu penyebab munculnya biang keringat. Pada siang hari, umumya suhu udara akan meningkat drastis. Kemudian pada malam harinya, suhu udara akan mulai menurun. Nah, pada siang hari ini, Anda bisa menghidupkan kipas angin saat anak berada dirumah/tidur. Jika memungkinkan, menghidupkan AC di siang hari lebih ampuh untuk menangkal munculnya biang keringat. Dengan kondisi ruangan yang sejuk, anak akan lebih tenang karena suhu badannya tetap dalam keadaan normal. Namun hindari mengarahkan langsung AC atau kipas angin ke tubuh anak, agar tidak memicu masuk angin.

  1. Pakaian bayi

Pada dasarnya pakaian yang digunakan bayi atau anak-anak haruslah dalam kondisi yang senyaman mungkin. Bahan terbaik untuk pakaian bayi adalah yang menggunakan serat alami seperti katun. Pakaian dari bahan katun sangat bagus dalam menyerap keringat. Selain itu karena serat katun yang tidak begitu rapat, sehingga membuat sirkulasi udara menjadi lebih lancar sehingga sejuk dan nyaman saat digunakan oleh si kecil. Dan sebaliknya hindari pakaian dengan bahan-bahan yang tidak menyerap keringat seperti nilon maupun poliester.

  1. Jangan sering menggendong bayi

Pada saat cuaca panas aktifitas menggendong bayi sebenarnya sangat tidak disarankan, terlebih jika si kecil mempunyai riwayat biang keringat. Hal ini dikarenakan pada saat menggendong, si kecil akan berhadapan dengan dua sumber panas, yakni yang berasal dari suhu tubuh Ibu dan juga dari suhu panas cuaca. Sebaiknya, biarkan saja si kecil tetap dalam keadaan berbaring, sehingga udara akan lebih mudah masuk ke sela-sela pakaiannya, sehingga suhu tubuhnya tetap dalam kondisi normal.

Leave a reply "Penyebab Biang Keringat dan Cara Mengatasinya"