5 Gejala Orang Hamil Kekurangan Kalsium

No comment 88 views
Gejala Orang Hamil

 

Kalsium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, tak terkecuali oleh orang hamil. Kalsium memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, diantaranya adalah untuk menstabilkan tekanan darah dan juga untuk pondasi tulang serta menguatkan gigi. Bagi orang hamil, Kalsium berfungsi untuk menyehatkan kandungan, serta membantu pembentukan tulang janin. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan teruma semasa hamil. Gejala orang hamil yang kekurangan kalsium dapat di tandai dari beberapa hal, diantaranya yakni:

  1. Penurunan Daya Ingat

Orang hamil yang kekurangan kalsium dapat ditandai dari penurunan daya ingat (pelupa). Bila tidak segera mandapatkan asupan kalsium yang cukup, penurunan daya ingin ini dapat berimbas ke jangka panjang, sehingga dapat menurunkan kualitas memori otak. Sebagai bentuk pencegahan sedari dini, sebaiknya Ibu mulai banyak mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung mineral kalsium yang tinggi.

Dan perlu Ibu ketahui bahwa kebutuhan kalsium orang hamil adalah 1000 mg/hari. Jadi dengan takaran seperti ini, bila Ibu rasa konsumsi kalsium harian yang di dapat dari makanan tidak mencukupi, maka bisa di bantu dengan konsumsi suplemen yang sesuai dengan resep dokter.

  1. Kram

Kram di masa kehamilan memang sudah biasa terjadi, bahkan banyak orang hamil yang mengalami hal ini. Namun kram bisa jadi pertanda jika sebenarnya Ibu kekurangan kalsium. Hal ini dikarenakan, pada saat tubuh kekurangan kalsium, fungsi tubuh menjadi terganggu, sehingga membuat otot-otot tuh menjadi bereaksi dan kaku/kram. Kondisi ini paling sering terjadi, saat kandungan Ibu semakin membesar yang diikuti dengan peningkatan berat badan. Sedangkan daerah yang paling sering mengalami kram adalah di sekitar bagian kaki, punggung, pinggang hingga ke perut.

Untuk menghindari agar tubuh tidak mengalami kram, pastikan Ibu telah cukup mengkonsumsi kebutuhan kalsium harian. Namun apabila kram berlangsung lama, maka sebaiknya konsultasikan itu ke dokter kandungan.

  1. Sering Mati Rasa dan Kesemutan

Kesemutan atau istilah lainnya mati rasa, memang suatu kondisi yang menunjukkan bahwa seseorang kekurangan kalsium, termasuklah pada orang hamil. Dapat dikatakan bahwa kondisi ini merupakkan lanjutan dari kram yang sebelumnya di alami. Kekurangan kalsium terutama pada saat hamil, akan membuat peredaran darah dalam tubuh menjadi terganggung. Sehingga bagian-bagian tubuh tertentu seperti kaki dan tangan akan mengalami mati rasa.

Meskipun kondisi seperti ini bukan suatu hal yang berbahaya. Namun tetap perlu Ibu waspadai, sebab dapat terjadi kapan saja yang dapat menimbulkan rasa kurang nyaman saat melakukan aktifitas.

  1. Mood Tidak Stabil

 

Kalsium juga merupakan suatu mineral yang bisa membantu membangun mood seseorang. Ketika orang hamil kekurangan kalsium, mood dapat berubah menjadi tidak stabil sehingga berefek pada gangguan kesehatan seperti sakit kepala. Nah, apabila kondisi seperti ini tidak segera diatasi, maka dapat merusak mood dan sering kali merasakan gelisah, marah atau tiba-tiba sedih/menangis. Untuk itu, selalu perhatikan asupan kalsium Ibu, agar kalsium yang masuk ke tubuh tetap dalam kondisi seimbang.

  1. Halusinasi

Terkadang orang hamil sering meng-ngigau (berhalusinasi) pada hal-hal tertentu yang bukan di luar nalar. Ini merupakan suatu tanda Ibu juga mengalami asupan kalsium. Jadi kekurangan kalsium bukan hanya dapat menyebabkan gangguan fisik saja, melainkan juga dapat menyerang mental sehingga mengalami halusinasi. Akan tetapi, kondisi yang seperti ini masih jarang terjadi. Namun jika tanda-tanda tersebut terjadi pada Ibu, maka sebaiknya Ibu konsultasikan ini pada dokter, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a reply "5 Gejala Orang Hamil Kekurangan Kalsium"