Fakta Unik Lampu LED

No comment 683 views
Lampu LED

 

Light Emitting Diode (LED) atau yang biasa disebut dengan lampu led, memang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Lampu jenis ini dapat digunakan pada banyak komponen listrik, seperti lampu rumah, lampu kendaraan, lampu indikator dan sebagainya. Bahkan di masa mendatang, lampu ini disinyalir akan segera menggantikan keberadaan lampu-lampu lain seperti pijar, bohlam, dan sebagainya. Bukan tanpa alasan, lampu led memiliki banyak sekali kelebihan dibanding dengan lampu biasa, dimana salah satunya adalah lampu ini lebih tahan lama, hemat energi dan lebih cerah dibandingkan jenis lampu pada umumnya.

Berbeda dengan lampu lainnya, lampu led memiliki banyak keunikan. Diantaranya adalah:

  1. Penggunaan Arus Listrik Searah

Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa arus listrik yang mengalir ke rumah-rumah menggunakan arus listrik bolak-bolak (AC). Arus listrik jenis ini sangat rentan menimbulkan lompatan arus yang dapat mengeluarkan percikan api (arus pendek). Namun pada lampu led, komponen elektronika yang digunakan menggunakan arus searah (DC). Arus searah ini cukup aman digunakan pada rangkaian listrik AC. Tak hanya itu saja, lampu led juga memiliki perangkat tambahan berupa alat untuk mengubah arus AC menjadi DC, sehingga bisa digunakan sebagai lampu rumahan.

  1. Tidak Mudah Pecah

Keunikan lainnya dari lampu ini adalah penutupnya yang tidak mudah pecah. Berbeda halnya dengan lampu rumahan biasa seperti bohlam. Lampu jenis itu menggunakan penutup yang terbuat dari kaca. Jika jatuh atau terbentur, maka bisa dipastikan bohlam akan pecah. Namun tidak dengan lampu led. Lampu led menggunakan penutup berbahan plastik yang kuat. Jadi, jika jatuh atau terbentur, lampu tidak akan pecah. Namun meskipun begitu, lampu led juga memiliki kelemahan. Walaupun bukan sesuatu yang fatal, akan tetapi keretakan serta lepasnya penutup lampu led sering terjadi. Dan jika hal ini terjadi, Anda cukup me-lem penutup nya dan seketika juga lampu bisa digunakan kembali.

  1. Tetap Berfungsi dengan Baik Meskipun Pecah

Jika lampu rumah biasa, jatuh dan pecah. Otomatis lampu tersebut sudah tidak bisa digunakan kembali. Sebab di dalam lampu bijar atau bohlam, terdapat gas yang berfungsi untuk mengaktifkan lampu agar menyala. Nah, jika gas ini terlepas karena bohlam pecah, maka lampu mustahil untuk kembali menyala. Namun beda halnya dengan lampu led, meskipun terdapat bagian lampu yang pecah, entah karena terlepas dari sarangnya ataupun terjatuh di tangan, lampu masih tetap bisa menyala dengan baik. Maka dari itu, penggunaan lampu led pada rumah sangat dianjurkan untuk alasan keamanan dan juga dari segi hematnya.

  1. Harga lebih mahal

Harga yang lebih mahal ini bisa menjadi salah satu kelebihannya. Meskipun di awal pembeliannya mahal, namun penggunaan lampu ini bisa tahan hingga 5 tahun lamanya. Itu artinya, Anda akan menghemat lebih banyak uang, dibanding saat menggunakan lampu pijar atau bohlam, yang umumnya hanya tahan 6 bulan – 1 tahun saja.

  1. Ramah Lingkungan

Penggunaan lampu led memang sangat tepat untuk mengurangi dampak pemanasan global. Lampu led, merupakan sumber penerangan yang ramah terhadap lingkungan. Selain itu, lampu led juga merupakan komponen listrik yang memiliki efektivitas tinggi. Sehingga arus listrik yang masuk ke dalam lampu led, akan digunakan sepenuhnya untuk menghasilkan cahaya. Jadi tidak ada arus listrik yang terbuang sia-sia. Selain itu, jika Anda berlama-lama dalam ruangan yang menggunakan lampu led, Anda tidak akan merasakan gerah, seperti pada penggunaan lampu pijar atau bohlam.

Leave a reply "Fakta Unik Lampu LED"