Ingin Membeli Motor Matic Terbaru? Lihat dulu Kelebihan dan Kekurangannya Berikut ini

Motor Matic Terbaru

 

Jumlah pengguna sepeda motor matic kian hari semakin meningkatkan. Tak heran jika produsen sepeda motor terus menghadirkan motor matic terbaru untuk memenuhi permintaan pasar. Bahkan jumlah tersebut sudah mengalahkan (jauh) sepeda motor dengan transmisi manual (motor bebek). Hal ini dikarenakan mudahnya menggunakan motor matic dibanding dengan motor bebek. Bahkan mereka yang tidak memiliki keahlian khusus pun dapat mengendarainya. Jadi, pantas saja jika banyak orang kini beralih menggunakan motor matic.

Nah, bagi Anda yang berencana ingin membeli motor matic, entah itu keluaran lama ataupun terbaru. Ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Motor Matic

  1. Kinerja transmisi otomatis

Salah satu keunggulan motor matic dibanding dengan motor bebek, tentu adalah karena transmisi otomatis yang diadopsinya. Dengan transmisi otomatis ini, Anda tidak perlu lagi melakukan perpindahan transmisi melalui pedal gigi yang terkadang dapat membuat slip dan hentakan yang tidak menyenangkan. Akan tetapi, anda cukup menarik tuas gas, kemudian mengatur laju motor matic sesuai dengan kemauan Anda.

  1. Konsumsi bahan bakar kian irit

Awal kemunculan motor matic, sempat tersiar kabar jika motor matic itu sangat boros bensin. Hal ini juga di “ia” kan oleh para pengguna motor baik. Namun setelah kehadiran motor matic terbaru, masalah tersebut tidak akan Anda temukan lagi. Justru sebaliknya, konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dibandingkan dengan motor bebek sekalipun. Biasanya untuk motor matic dengan mesin 125 cc, cukup menghabiskan 1 liter untuk jarak tempuh sejauh 45-50 km. Jadi lebih hemat bahan bakar.

  1. Bagasi motor lebih besar

Hal yang nggak kalah penting bagi pengguna sepeda motor adalah bagasi yang besar yang dapat menampung banyak barang. Nah, biasanya Ibu-ibu adalah salah satu yang sangat peduli dengan hal ini. Banyaknya barang belanjaan harusnya bisa ditampung di dalam bagasi motor. Dengan begitu, aktifitas belanja tidak lagi direpotkan dengan membawa barang belanjaan pada stang ataupun di ‘cantolan’ dekat stang.

Tak cuma itu, pada motor matic keluaran terbaru. Bagasi yang terletak di bawah jok, bahkan ukurannya lebih besar lagi hingga dapat memuat helm half face. Ini merupakan keunggulan motor matic yang tidak dimiliki oleh motor bebek. Dengan begitu, helm Anda akan lebih aman dari tangan-tangan jahil, karena saat parkir, helm tinggal dimasukkan saja ke dalam bagasi motor.

Kekurangan Motor Matic

  1. Ukuran roda kecil

Dibalik kelebihannya, motor matic ternyata juga memiliki kekurangan, Loh! Salah satunya, ya, ukuran rodanya  yang sangat kecil. Banyak orang yang sependapat, karena roda yang kecil ini, kurang nyaman untuk digunakan pada medan yang bergelombang atau jalan yang belum diaspal. Termasuk tidak nyaman juga bila ingin dipakai pada aktifitas touring.

Selain itu, suspensi single shock yang berada dibelakang memang sengaja di desain untuk tidak melewati jalan yang rusak. Jadi ketika motor matic dipaksakan untuk melalui jalan yang rusak, maka akan sangat terasa sekali guncangannya. Dan dalam tingkat yang lebih serius, dapat membuat shock menjadi amblas. Ini juga akan membuat aktifitas mengendarai menjadi tidak nyaman.

  1. Biaya perawatan relatif mahal

Bukan rahasia lagi jika biaya perawatan motor matic lebih mahal dibandingkan dengan motor bebek. Hal ini dikarenakan komponen CVT dan roller terletak dibagian dalam, sehingga untuk melakukan pengecekan harus membuat semua cover CVT nya. Dengan begitu secara otomatis juga akan membuat biaya perbaikan menjadi lebih mahal.

Leave a reply "Ingin Membeli Motor Matic Terbaru? Lihat dulu Kelebihan dan Kekurangannya Berikut ini"