Optimalkan Fungsi Tubuh, Konsumsi Air Secukupnya!

No comment 234 views

manfaat air alkali untuk kesehatan

Air sumber kehidupan bukan hanya sekedar ungkapan semata. Faktanya hampir 70% permukaan bumi terdiri dari air, pun dengan komposisi tubuh makhluk hidup termasuk manusia. Tubuh manusia tersusun kira-kira 50-60% cairan, persentase tersebut variatif bergantung pada usia, jenis kelamin dan kandungan lemak.

Cairan dalam tubuh berperan penting dalam memelihara fungsi organ tubuh yang tentunya akan berimbas pada kesehatan tubuh hingga proses penyembuhan penyakit. Asupan cairan untuk menjaga metabolisme tubuh sebagian besar disumbang oleh minuman, sisanya tubuh mendapatkan limpahan cairan dari makanan terutama buah dan sayur. Cairan dalam tubuh dapat menghilang seiring dengan bekerjanya mekanisme metabolisme tubuh. Cairan yang hilang ini sangat dipengaruhi oleh aktivitas harian, usia, jenis kelamin hingga area tempat tinggal. Umumnya dilihat dari jenis kelamin, untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang kaum pria membutuhkan setidaknya 2 liter air, sedangkan perempuan membutuhkan air yang lebih sedikit yakni berada di kisaran 1.6 liter air.

Tubuh dengan mekanisme kerjanya yang sangat luar biasa, akan memberikan sinyal atau tanda-tanda ketika ada yang tidak beres dengan kinerjanya. Contohnya saat tubuh kekurangan cairan, tubuh memberikan tanda berupa rasa haus. Haus merupakan indikator bahwa tubuh sedang membutuhkan asupan cairan untuk melancarkan proses metabolisme, sehingga ketika haus mendera, segeralah penuhi kekurangan cairan dengan minum air secukupnya hingga rasa haus hilang. Penundaan mengkonsumsi air minum ketika haus berpotensi merusak sistem metabolisme tubuh yang prosesnya didorong oleh cairan. Kekurangan cairan atau dehidrasi ringan dapat mengganggu proses informasi otak dan memecah kemampuan untuk fokus.

Memenuhi kebutuhan cairan dengan takaran yang tepat atau secukupnya merupakan solusi terbaik agar tubuh tetap terhidrasi dan dapat menjalankan fungsinya secara optimal. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air mineral yang memiliki PH basa, air mineral dengan PH lebih dari 7 ini disebut dengan air alkali. Manfaat air alkali untuk kesehatan adalah mampu menjaga keseimbangan PH dalam tubuh, sehingga asam berlebih dalam tubuh dapat dinetralisir dengan mengkonsumsi air alkali. Air alkali terbaik mampu mendukung fungsi tubuh bekerja dengan optimal.

Leave a reply "Optimalkan Fungsi Tubuh, Konsumsi Air Secukupnya!"