5 Alasan Mengapa Zat Besi Sangat Dibutuhkan Saat Hamil

No comment 39 views
pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia

 

Ketika sedang mengandung, terdapat nutrisi khusus yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Zat besi merupakan salah satunya. Para ahli di bidang kesehatan sudah memastikan pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia. Jangan ragu untuk memenuhi asupan zat besi Anda selama kehamilan, karena terdapat manfaat penting dibalik pengonsumsiannya.

1. Mencegah Anda Terkena Anemia

Saat tubuh kekurangan zat besi, terutama sekali saat hamil, risiko Anda terkena anemia menjadi meningkat. Pada sel darah merah, terdapat protein hemoglobin yang bertugas untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Namun, saat kadar zat besi kurang dalam tubuh, produksi hemoglobin tersebut akan terganggu. Alhasil, sirkulasi sel darah merah kacau dan mengakibatkan anemia.

2. Mengurangi Risiko Bayi Lahir Prematur

Aliran darah yang lancar berdampak baik pada asupan makanan janin dalam kandungan. Jadi, jika aliran tersebut terganggu, maka pertumbuhan janin pun menjadi tak sempurna. Selain janin memiliki berat badan di bawah normal, dia memiliki kemungkinan lahir dalam keadaan prematur. Jadi, zat besi tak hanya bermanfaat bagi Anda saja, namun juga bagi calon bayi Anda.

3. Menghindarkan Anda Dari Rasa Lelah yang Berlebihan

Kekurangan oksigen karena aliran darah yang tidak lancar akan mengakibatkan Anda sering merasa lelah selama kehamilan. Selain dengan mengonsumsi suplemen penambah zat besi, perbaiki kondisi ini dengan mengonsumsi probiotik. Probiotik untuk kesehatan saluran cerna akan memudahkan tubuh Anda menyerap nutrisi, terutama zat besi dalam makanan.

4. Membantu Pertumbuhan Otot Janin

Janin yang sedang berkembang dalam kandungan Anda akan sangat terbantu dengan kadar zat besi yang cukup dalam tubuh. Selama kehamilan, Anda membutuhkan dua kali lebih banyak asupan zat besi dibanding sebelumnya. Zat besi akan membantu tumbuh kembang otot-otot janin Anda, sehingga dia bisa tumbuh normal dan berkembang dengan baik.

5. Mempercepat Pemulihan Tubuh Pasca Melahirkan

Bukan hanya saat kehamilan saja, namun setelah melahirkan pun zat besi memberikan pengaruh penting bagi tubuh Anda. Zat besi akan membantu pemulihan organ-organ tubuh Anda yang mengalami perubahan selama masa kehamilan dan saat persalinan. Anda pun bisa beraktivitas normal setelah melahirkan, tanpa perlu menunggu waktu lama.
Bukan tanpa alasan zat besi dibutuhkan dalam tubuh, apalagi selama masa kehamilan. Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia, harus membuat Anda semakin meningkatkan kepedulian atas ketercukupan asupannya sehari-hari. Selain itu, konsumsi juga probiotik untuk kesehatan saluran cerna dan kemudahan dalam penyerapan nutrisi baik bagi kehamilan Anda.

Leave a reply "5 Alasan Mengapa Zat Besi Sangat Dibutuhkan Saat Hamil"