Pantangan Makanan yang Harus Dihindari Saat Mengandung di Trimester 1

Mengandung adalah salah satu momen yang paling dinanti oleh setiap wanita yang sudah menikah. Sampai pada saat melahirkan nanti, Anda akan mengalami 3 fase kehamilan yang terdiri dari fase trimester 1, 2 dan juga 3. Di trimester 1 saat mengandung, janin sangat rentan keguguran. Sebab, rahim dan janin masih sangat lemah, sehingga butuh perlakukan yang hati-hati saat Anda melakukan sesuatu. Di fase ini juga Anda akan mengalami hal-hal yang sangat merepotkan, kondisi itu juga sering disebut dengan istilah morning sickness. Kebanyakan wanita akan mengalami mual dan muntah yang sangat hebat pada trimester 1 hingga ke-2. Namun kondisi itu berangsur-angsur akan normal dengan sendirinya, seiring pertumbuhan janin yang semakin besar.

trimester 1 saat mengandung

Selain berhati-hati dengan aktifitas yang dilakukan, pada masa ini Anda juga tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Hal ini dikarenakan pada trimester 1, tubuh bayi belum berbentuk sempurna. Sehingga belum memiliki sistem pertahanan dari bakteri ataupun virus.  Untuk mencegah organisme asing ini masuk ke dalam rahim, maka ada makanan-makanan yang sebaiknya Anda hindari. Beberikut adalah pantangan makanan yang perlu Anda ketahui;

1. Daging mentah

Berdasarkan pernyataan dari sejumlah pakar kesehatan dan kandungan, bahwa mengkonsumsi daging mentah saat hamil baik di fase trimester 1, 2 dan 3 sangat tidak disarankan, bahkan harus Anda hindari. Sebab, dalam daging mentah mengandung banyak sekali mikroorganisme seperti bakteri e-coli, salmonella dan lain sebagainya. Bakteri-bakteri ini tidak bisa mati dengan sendirinya meskipun Anda sudah mencucinya dengan bersih sebelum memakannya. Maka dari itu saat akan mengkonsumsi daging merah, pastikan bahwa kematangan daging sudah sangat sempurna. Sehingga tidak ada lagi mikroorganisme yang akan masuk ke dalam sistem tubuh yang dapat mengganggu kehamilan

2. Telur mentah

Mengkonsumsi telur mentah di masa mengandung juga sangat tidak dianjurkan. Hampir sama kondisinya dengan daging merah, di telur mentah juga sering ditemukan mikroorganisme yang berbahaya bila dikonsumsi saat hamil. Untuk itu, bila ingin mengkonsumsi telur, maka buatlah telur yang matang sempurna. Sehingga aman untuk dikonsumsi.

3. Susu tidak dipasteurisasi

Susu adalah makanan yang mengandung kalsium tinggi. Kalsium diperlukan oleh wanita hamil untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin. Namun tidak semua jenis susu boleh dikonsumsi oleh wanita hamil. Hanya susu yang sudah dipasteurisasi saja yang dianjurkan untuk diminum atau bisa juga menggantinya dengan meminum susu ibu hamil. Sebab, susu yang tidak dipasteurisasi mengandung banyak mikroba yang dapat membahayakan ibu dan janin. Nah, jika Anda ingin meminum susu segar yang belum dipasteurisasi, sebaiknya rebus terlebih dahulu susu tersebut sebelum Anda minum. Tujuannya untuk mengurangi jumlah mikroba yang mungkin ada dalam susu segar. Namun jangan sampai memanaskannya secara berlebihan, sebab akan merusak mineral yang ada didalamnya.

4. Alkohol

Selain makanan, mengkonsumsi minuman berakohol sebaiknya harus Anda hindari terlebih di masa mengandung. Alkohol yang dikonsumsi dapat masuk ke sistem peredaran darah bayi melalui ibu. Dan itu dapat menimbulkan kerusakan pada sumsum tulang belakang serta sel-sel di otaknya. Tak hanya itu saja, meminum alkohol saat mengandung juga bisa berdampak fatal. Bayi bisa mengalami keguguran, lahir prematur ataupun lahir dalam kondisi cacat.

Leave a reply "Pantangan Makanan yang Harus Dihindari Saat Mengandung di Trimester 1"