Gejala dan Pertolongan Pertama bagi Penderita Aritmia

No comment 236 views

pengertian dari aritmia

Aritmia, istilah ini mungkin masih terdengar asing bagi kita. Padahal pengertian dari aritmia itu adalah sama halnya seperti dengan serangan jantung, yakni dimana kondisi jantung secara tiba-tiba terlalu cepat, terlalu lambat atau tidak teratur. Kondisi seperti itu sebenarnya tergolong normal, namun jika frekuensinya semakin hari semakin sering, maka bisa jadi itu adalah pertanda bahwa ada masalah yang serius pada jantung.

Menangani penderita aritmia memang bukan perkara mudah, butuh pengalaman dan pengetahuan yang cukup untuk bisa melakukannya. Meskipun kita bukan orang medis, namun pengetahuan tentang pertolongan pertama pada penderita aritmia perlu kita ketahui. Sebab, hal ini akan sangat berakibat fatal jika kita salah dalam penanganannya. Namun jika kita terlambat untuk memberikan pertolongan pertama, tentu resikonya juga sama besar.

Nah, sebelum melangkah jauh untuk bagaimana cara pertolongan pertamanya, ada baiknya kita kenali terlebih dahulu gejala-gejala aritmia berikut;

  1. Nyeri pada bagian dada dan kadang timbul rasa sesak seperti tertindih atau tertekan oleh suatu benda;
  2. Muncul nyeri pada bagian tubuh sebelah atas, seperti pada lengan, bahu, punggung, leher, rahang hingga ke area tulang dada. Kondisi seperti ini sering menyebabkan tubuh menjadi sulit bergerak, karena rasa nyeri yang timbul di bagian tubuh sebelah atas;
  3. Sesak napas yang disertai dengan nyeri di bagian dada, terkadang sesak juga muncul tanpa disertai rasa nyeri;
  4. Keringat dingin dibagian tubuh tertentu;
  5. Muncul rasa mual dan muntah, pusing dan tubuh pun terasa lemas;
  6. Timbul rasa cemas dan detak jantung menjadi tidak teratur.

Pertolongan Pertama pada Penderita Aritmia

Pada beberapa kasus, gejala-gejala diatas muncul beberapa jam, hari atau bahkan minggu sebelumnya. Namun tidak jarang, gejala ini muncul seketika dan membuat orang disekitar menjadi panik. Nah bila ini terjadi di sekitar kamu, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai upaya pertolongan pertama;

  1. Menghentikan seluruh aktivitas

Saat orang di sekitar mu mengalami aritmia, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memintanya untuk segera menghentikan seluruh aktivitas yang tengah dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengistirahatkan badan dan meringankan kerja jantung. Dengan begitu resiko serangan jantung bisa sedikit ditekan.

  1. Baringkan penderita pada posisi yang tepat

Cari posisi ternyaman saat seseorang mengalami aritmia. Jika serangan jantung muncul saat ia sedang berdiri, maka mintalah ia untuk segera duduk dan bernafas dengan tenang. Bila posisinya dekat dengan dinding, sandarkan tubuhnya ke dinding posisi kaki ditekuk ke depan Begitu pula jika ia dalam kondisi duduk, maka baiknya baringkan tubuhnya pada posisi yang tepat. Ganjal kepala dengan bantal atau selimut tebal untuk memperlancar pernafasannya.

  1. Tindakan PCR untuk penderita henti jantung

Jika penderita mengalami henti jantung, sebaiknya kamu jangan panik terlebih dahulu. Lakukan tindakan CPR (cardio pulmonary resucsitation) untuk membuat pertolongan pertama. Tindakan ini harus kamu lakukan saat nadi tidak teraba, napas berhenti, tidak bergerak, ataupun saat penderita tidak merespon tindakan stimulasi yang diberikan.

  1. Panggil bantuan darurat

Jika kondisi penderita semakin parah, maka segera lakukan panggilan darurat ke nomor 119. Hal ini berguna untuk mengantisipasi hal-hal yang bersifat fatal. Sebenarnya pertolongan medis sudah harus dilakukan sejak melakukan pertolongan pertama.

Leave a reply "Gejala dan Pertolongan Pertama bagi Penderita Aritmia"