Cara Mudah Membersihkan Keramik Dinding Dapur

No comment 109 views

Cara membersihkan dapur

Dapur merupakan salah satu bagian rumah yang harus mendapatkan perhatian khusus dari penghuninya. Di ruangan ini, aktifitas memasak pun dilakukan. Biasanya sisa-sisa memasak akan menimbulkan noda pada peralatan dapur, seperti wajan, codet, panci, piring, sendok dan lain sebagainya. Namun tak hanya menyisakan noda pada peralatan dapur saja, bagian dinding dapur terutama dinding di area memasak (kompor) juga sering terkena noda dari cipratan minyak, kuah sayur dan noda lainnya. Noda-noda itu jika tidak segera dibersihkan maka nantinya akan sangat sulit dibersihkan. Dan pada akhirnya akan membuat dinding dapur menjadi kusam karena penuh dengan noda.

Membersihkan dapur sebenarnya tidak sulit, hanya saja terkadang kita malas untuk melakukannya. Padahal dapur yang bersih akan meningkatkan mood memasak menjadi lebih baik, sehingga kegiatan memasak pun menjadi lebih menyenangkan. Cara membersihkan dapur bisa menggunakan kain lap basah yang sudah dicampur dengan cairan pembersih. Untuk jenis noda tertentu, Anda mungkin membutuhkan cairan tambahan sebagai campurannya. Nah, bagi Anda yang ingin membersihkan dinding dapur dari noda membandel, berikut ini adalah bahan-bahan yang bisa Anda gunakan sebagai cairan untuk pembersih;

  1. Pasta Tepung Maizena dan Cuka

Memang terdengar sedikit aneh, namun siapa sangka kedua bahan ini sangat efektif untuk membersihkan dinding-dinding dapur dari noda minyak bekas memasak. 2 sendok makan tepung maizena di encerkan dengan air, kemudian tambahkan dengan 1 sendok cuka dapur, lalu aduk hingga merata. Proses pengadukan ini akan menghasilkan tekstur yang mirip pasta.

Selanjutnya Anda hanya tinggal mengoleskan pasta tersebut pada dinding dapur yang terkena noda. Oleskan secara merata dan diamkan beberapa saat hingga seluruh noda terutama minyak menempel pada pasta. Bila sudah, bilas dengan kain lap basah. Dan lihat hasilnya.

  1. Larutan Kaporit

Kaporit merupakan salah satu bahan yang umum digunakan untuk menjernihkan air. Kaporit ternyata juga efektif untuk membuat dinding dapur yang kusam menjadi cerah kembali. Kegiatan memasak sering sekali menyisakan noda pada dinding dapur. Jika Anda termasuk orang yang malas untuk membersihkannya, maka lama-lama kelamaan dinding dapur akan menjadi kusam. Nah, untuk mencerahkannya kembali Anda bisa menggunakan larutan kaporit.

Bubuk kaporit diencerkan dengan menggunakan air hangat. Setelahnya, Anda bisa mengoleskan larutan kaporit secara merata bagian dinding atau lantai dapur yang terlihat kusam. Baiknya gunakan kuas saat mengoleskannya, dan selalu gunakan sarung tangan untuk menghindari kontak langsung dengan kulit tangan Anda. Jika sudah, diamkan hingga beberapa jam, dan setelahnya Anda bilas dengan menggunakan kain lap basah. Maka Anda akan melihat dinding dapur Anda menjadi kilap kembali.

  1. Cairan Pembersih Keramik

Selain dengan menggunakan bahan-bahan dapur di atas, tentunya Anda bisa menggunakan cairan pembersih keramik (karbol). Karbol merupakan bahan pembersih yang bisa didapatkan secara bebas di supermarket ataupun toko-toko. Cairan ini mengandung bahan kimia yang penggunaannya tidak boleh sampai terkena kulit. Zat kimia yang terkandung di dalam cairan pembersih memang efektif untuk mengatasi noda yang sulit dibersihkan dengan bahan-bahan dapur ataupun bahan alami. Hanya saja penggunaan yang terlalu sering juga tidak dianjurkan. Selain akan menimbulkan residu pada dinding ataupun lantai, juga akan membuat keramik menjadi cepat kusam. Maka dari itu, gunakanlah sesuai aturan dan seperlunya saja.

Leave a reply "Cara Mudah Membersihkan Keramik Dinding Dapur"