Tanda Seseorang Terkena Sakit Diabetes

No comment 176 views

tanda terkena sakit diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit populer yang dialami oleh kaum urban. Keberadaan penyakit ini tidak sulit untuk di deteksi. Selain dengan alat-alat kedokteran, tanda terkena sakit diabetes juga bisa dikenali hanya dengan melihat bagian-bagian tubuh tertentu kita. Sebab, penyakit ini sangat mempengaruhi kondisi tubuh secara langsung.

Menurut medis, ada dua tipe diabetes yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 bisa dideteksi semasa kanak-kanak dan ini merupakan hasil dari sel tubuh yang menghasilkan insulin kemudian dihancurkan. Tak hanya itu, sebagian orang juga berpendapat jika diabetes tipe 1 ini merupakan turunan dari orang tuanya. Jadi jika ada orang tua diabetes, maka besar kemungkinan anaknya juga akan menderita diabetes tipe 1.

Sedangkan diabetes tipe 2 merupakan bentuk penyakit paling umum diderita oleh seseorang. Hal ini terjadi karena sel-sel penghasil insulin tidak bisa memproduksi hormon yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun diabetes tipe ini cukup sulit terdeteksi, sebab Anda tidak akan langsung merasakan sakit karena memang terjadi tanpa gejala. Lantas bagaimana cara mendeteksi seseorang terkena diabetes, berikut adalah tanda-tanda yang umum terlihat;

  1. Bercak Kuning, Kemerahan, atau Cokelat di Kulit

Banyak tanda yang terlihat dan bisa dijadikan acuan apakah seseorang menderita diabetes atau tidak. Salah satunya adalah dengan melihat bercak kuning, kemerahan atau cokelat pada kulit. Jika Anda memiliki tipe kulit yang putih dan mengkilap, ini lebih mudah lagi untuk dikenali. Bila seseorang mengalami diabetes, maka pada kondisi kulit yang seperti itu, akan terlihat jelas pembuluh darah dari permukaan kulitnya. Tak hanya itu saja, kondisi ini juga dibarengi dengan rasa gatal dan menyakitkan. Bahkan sering terjadi benjolan padat kecil seperti jerawat.

  1. Area Kulit yang Lebih Gelap Terasa seperti Beludru

Tanda diabetes juga bisa dikenali dengan melihat area kulit yang lebih gelap seperti beludru. Bercak gelap itu biasanya timbul dan hilang sendiri. Bercak ini paling sering muncul dibagian belakang leher, ketiak, selangkangan atau bagian-bagian tubuh lainnya. Kondisi seperti itu terjadi lantaran terlalu banyaknya insulin dalam darah. Jika Anda melihat gejala ini timbul pada kulit Anda, maka besar kemungkinan Anda masuk ke dalam kategori pra-diabetes.

  1. Bagian Kulit yang Keras dan Tebal

Gejala lain yang mungkin terjadi jika Anda mengalami diabetes adalah bagian kulit yang mengeras dan terasa tebal. Biasanya gejala ini timbul di area jari tangan, kaki atau bahkan keduanya. Pada tahap yang serius, jari-jari bisa menjadi kaku bahkan sulit untuk digerakkan.

Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya Anda waspada. Sebab, kulit yang keras, tebal dan tampak bengkak dapat menyebar kebagian tubuh lainnya, misalnya punggung atas, bahu dan leher. Bahkan beberapa kasus pernah didapati penebalan kulit terjadi hingga ke area wajah, bahu dan dada.

  1. Melepuh

Bila Anda pernah mengalami kulit tiba-tiba saja melepuh tanpa sebab, mungkin Anda sudah menderita diabetes. Kulit yang melepuh terlihat besar, menumpuk atau bahkan keduanya, namun tidak sampai berair. Biasanya kulit yang melepuh ini terjadi pada area tangan, kaki dan sangat mirip dengan kulit yang terbakar serius, hanya saja tidak menimbulkan rasa perih.

Leave a reply "Tanda Seseorang Terkena Sakit Diabetes"