Furnitur Kantor dari Kayu Jadi Favorit? Inilah Tips Perawatannya

Furnitur Kantor dari Kayu

Pesona mebel yang sepenuhnya terbuat dari kayu memang masih melekat sampai sekarang. Di jaman modern saat ini pun, banyak pihak yang masih tertarik dengan produk klasik yang tahan lama ini. Pemakaian furnitur kantor dari kayu pun menjadi solusi desain terbaik. Agar tetap menarik dan tahan lama, inilah tips perawatan furnitur dari kayu.

  1. Memilih Furnitur yang Sudah di-finishing

Setiap orang pasti menginginkan furnitur yang berkualitas. Dalam hal memilih produk yang terbuat dari kayu untuk perlengkapan kantor, Anda harus memperhatikan kualitasnya. Sejak awal, pilihlah furnitur yang sudah di-finishing agar lebih tahan lama sekaligus lebih estetik. Jangan lupa, pilih juga produk yang berasal dari kayu berkualitas. Hindari pemilihan kayu yang cocoh atau retak.

Finishing pada furnitur dari kayu tersebut bisa berupa cat ataupun lapisan pengkilap furnitur yang berupa minyak ataupun lotion. Lapisan cat atau minyak ini diperlukan guna menjaga agar furnitur kantor dari kayu ini tidak mudah rusak, keropos, atau lecet. Jika ingin produk yang lebih estetik, Anda bisa pilih furnitur berlapis minyak agar terlihat kayunya yang elegan dengan seratnya yang berpola.

  1. Meletakkan di Ruangan Bersuhu Normal

Untuk menjaga kualitas furnitur kantor yang terbuat dari kayu, Anda perlu memikirkan suhu dan kondisi ruangan. Oleh karena itu, perhatikan seluruh ruangan kantor dan pastikan ruangannya bersuhu normal. Jangan biarkan kondisi ruang kerja menjadi lembab. Kondisi ruangan yang lembab akan mempercepat kerusakan kayu yaitu bisa menyebabkan tumbuhnya jamur kayu atau pengeroposan lapisan kayu. Jauhkan pula furnitur kayu ini dari sinar matahari langsung ataupun peralatan yang dapat memancarkan panas.

  1. Menjauhkan dari Cat ataupun Cairan

Agar furnitur kayunya tahan lama, Anda harus menjauhkannya dari cat ataupun cairan. Keberadaan cat ataupun cairan memang rawan untuk kayu. Jika sampai tumpah sembarangan, tekstur kayu akan lebih cepat rusak dan pastinya tidak indah lagi.

Apabila furnitur kantor tersebut sudah terlanjur terkena noda, maka cepatlah bersihkan noda tersebut sebelum menjadi permanen. Anda bisa membersihkannya dengan campuran minyak goreng dan pasta gigi atau soda. Gunakan kain lembut untuk mengusap noda di permukaan kayu.

  1. Membersihkan Secara Berkala

Pembersihan secara otomatis sudah masuk ke dalam daftar langkah perawatan. Anda harus menjaga ketahanan furnitur agar tetap bersih agar lebih tahan lama dan tetap estetik. Bersihkan furnitur kantor dengan kemoceng dan lap lembut agar terhindar dari kotoran dan debu yang beterbangan.

Khusus untuk sudut yang susah dicapai, gunakan kuas yang berukuran kecil untuk membersihkannya. Gunakan cairan khusus pembersih furnitur kayu dengan menyemprotkannya di permukaan, kemudian usap dengan kain lembut. Cara pembersihan yang benar ini akan menjamin ketahanan furnitur kayu.

  1. Menggunakan Obat Anti Jamur dan Anti Rayap

Pemakaian obat anti jamur juga obat anti rayap juga menjadi langkah perawatan penting untuk menjaga kualitas furnitur kayu. Tips perawatan ini sangat perlu diterapkan guna mencegah menempelnya jamur di permukaan furnitur kantor yang menyebabkan pengeroposan. Pemakaian obat anti rayap juga akan melindungi furnitur dari serangan rayap yang sangat suka pada kayu.

  1. Angkat Furnitur Saat Memindahkannya

Untuk memindahkan furnitur ke tempat lain, disarankan untuk mengangkatnya dan jangan mendorongnya. Hal ini penting untuk menjaga agar alas kaki furnitur tetap bagus dan rata. Estetika furnitur kayu akan tetap terlihat. Lagipula, Anda tidak akan kesusahan memindahkannya jika mengangkat dan bukan mendorong. Pemindahan juga akan lebih cepat dilakukan.

Mengingat harga furnitur kayu yang tentu saja lebih mahal dibandingkan material lain, alangkah baiknya menjaganya dengan menerapkan tips perawatan tersebut. Setiap furnitur kantor akan tetap tahan lama. Anda bisa menemukan produk unggulnya dengan beragam desainnya di arkadifurniture.co.id. produk terlengkapnya dapat ditemukan dari meja.

Leave a reply "Furnitur Kantor dari Kayu Jadi Favorit? Inilah Tips Perawatannya"