Ini Bahan Alami untuk Atasi Psoriasis di Kulit Kepala

No comment 172 views

Psoriasis Kulit Kepala

Banyak anggapan yang mengatakan jika psoriasis adalah ketombe. Faktanya, kedua penyakit kulit ini adalah berbeda. Psoriasis kulit kepala merupakan peradangan yang terjadi pada kulit kepala yang disertai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik hingga mengelupas dengan sendirinya. Pada tingkat yang lebih parah, psoriasis dapat menimbulkan rasa gatal yang disertai dengan nyeri.

Setiap orang memiliki peluang yang sama mengalami penyakit kulit ini. Namun rata-rata mereka yang berusia 15-35 tahun yang paling sering mengalami psoriasis terutama di kulit kepala. Beruntungnya, penyakit ini bukan termasuk ke dalam penyakit menular berbahaya. Hanya saja, ketika seseorang terkena penyakit ini, akan sangat menggangu sekali terutama saat beraktifitas di tempat kerja. Rasa gatal yang hebat, akan membuat jari-jemari semakin sering untuk menggarung. Belum lagi rasa perih yang timbul akibat pengelupasan kulit, akan menimbulkan rasa sakit.

Penyebab Psoriasis

Belum ada penelitian yang mendalam mengenai penyakit psoriasis ini. Namun kuat dugaan penyakit ini muncul akibat sistem imun tubuh yang lemah dan juga faktor keturunan. Menurut beberapa pengalaman para penderita penyakit psoriasis. Gejala awal timbulnya penyakit ini adalah akibat stres, infeksi tenggorokan dan juga pengaruh cuaca.

Pengobatan Psoriasis

Pengobatan psoriasis itu bertujuan untuk meredakan gejala dan pastinya akan berbeda-beda pada tiap orang. Pada orang yang memiliki sistem imun lemah, mungkin pengobatan akan sedikit lebih lambat. Sementara untuk mereka yang ber-imun baik, bisa jadi akan lebih cepat sembuh. Biasanya pengobatan dilakukan dengan memberikan obat oles, obat tablet, obat suntik ataupun bahan-bahan alami yang sudah teruji sejak dahulu. Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati psoriasis, berikut adalah beberapa bahan yang bisa Anda gunakan.

  1. Cuka sari apel

Cuka merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk meringankan gejala psoriasis. Bahan ini sudah digunakan sejak lama oleh turun-temurun dan memang berkhasiat untuk itu. Cuka yang digunakan bisa dari jenis cuka apel. Cuka ini dapat mengurangi rasa gatal lebih baik dibanding jenis cuka lainnya. Selain itu, cuka sari apel dapat membantuk untuk memperbaiki kulit kepala yang semula bersisik menjadi mulus seperti sediakala. Cara penggunaannya juga tidak sulit, cukup campurkan setengah sendok the cuka sari apel dengan 2 sendok makan air. Lalu oleskan merata ke seluruh bagian kepala yang mengalami psoriasis. Selanjutnya diamkan selama 5-10 menit dan setelah itu bilas dengan air.

  1. Garam Epsom

Bahan lainnya yang bisa digunakan untuk meredakan psoriasis adalah garam epsom. Garam epsom memiliki nama lain yakni garam inggris. Anda dapat menemukan garam epsom di supermarket atau tempat-tempat penjualan bahan kue. Garam jenis ini bisa membantu mengurangi gatal dan mencegah pembentukan sisik di bagian kulit kepala. Cara penggunannya juga sangat mudah, ambil sedikit garam epsom lalu larutkan dengan air dan aduk merata. Selanjutnya siramkan larutan garam epsom ke bagian kulit kepala yang mengalami psoriasis, lalu diamkan 5 menit dan bilas dengan air.

  1. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya juga sangat berguna untuk mengatasi psoriasis. Gel lidah buaya bisa diperoleh dalam bentuk botolan yang sudah di kemas. Bahan alami untuk mengatasi psoriasis ini mampu memberikan sensasi dingin di kulit kepala dan mengurangi rasa gatal. Ambil sedikit gel lidah buaya lalu oleskan secara merata ke bagian kulit yang mengalami psoriasis sambil dipijat. Diamkan selama semalam dan bilas dengan air dingin esok paginya.

Leave a reply "Ini Bahan Alami untuk Atasi Psoriasis di Kulit Kepala"