Tips SehatQ.com: Cara Mengobati Sakit Gigi yang Ampuh

No comment 42 views

Obat Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang tidak berbahaya, namun keberadaannya menjadi sesuatu hal yang sangat menyiksa. Penyakit ini menyerang bagian gigi dan mulut, biasanya diawali dengan gigi yang berlubang, kemudian menimbulkan rasa nyeri yang sangat dahsyat. Sakit gigi menjadi penyakit yang paling menyebalkan bagi kebanyakan orang. Efek yang paling di rasa ketika mengalami sakit gigi adalah, rasa tidak nyaman saat makan, minum atau bahkan untuk sekedar diam saja. Dan pada tingkat yang parah, sakit gigi dapat mempengaruhi suasana hati (mood) sehingga membuat si penderitanya menjadi lebih mudah emosi.

Jika sudah begini, lantas bagaimana cara mengatasinya?

Sebelumnya, Anda harus tahu seberapa parah kondisi sakit gigi yang Anda alami. Hal ini berhubungan erat dengan rasa nyeri yang akan di rasa. Setiap orang pasti mengalami intensitas nyeri sakit gigi yang berbeda, ada yang nyerinya timbul secara terus menerus dan ada pula yang hilang timbul tidak menentu. Kondisi yang seperti ini juga dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya karena gusi bengkak, gigi berlubang, abses gigi, tumbuh gigi baru pada anak-anak dan sebagainya. Nah jika mau tau lebih lengkapnya, silahkan akses SehatQ untuk mendapatkan informasi seputar masalah gigi.

Setelah Anda mengetahui kondisi sakit gigi Anda, maka Anda hanya perlu mencari cara yang tepat untuk mengatasi masalah sakit gigi.

Berbagai Cara Mengobati Sakit Gigi di Rumah

Jika sakit gigi yang Anda alami masih tergolong ringan, biasanya ditandai dengan nyeri yang hilang timbul secara tak menentu, Anda bisa melakukan pertolongan darurat sebelum pergi ke dokter gigi. Berikut ini adalah beberapa cara yang umum dilakukan oleh orang-orang untuk mengobati sakit gigi;

  1. Kompres Pipi dengan Menggunakan Es Batu

Sakit gigi biasanya dibarengi dengan bengkak dibagian pipi. Ini terjadi karena adanya infeksi pada gigi yang bermasalah sehingga timbul nanah, akhir timbul peradangan sehingga bagian pipi menjadi lebih bengkak. Cara yang paling sederhana untuk untuk menghentikan peradangan adalah dengan mengompres area pipi yang bengkak dengan air dingin (es batu). Air es, dipercaya dapat membantu mengurangi rasa nyeri, sehingga dapat mengurangi bengkak.

Cara mengompres dengan air dingin (es) tidak sulit, siapkan handuk kecil, lalu basahi dengan air es. Tempelkan handuk dingin pada area pipi yang bengkak sekitar 15 menit-20 menit. Lakukan secara berulang, maka secara perlahan nyeri akan berkurang.

  1. Berkumur dengan Air Garam

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan berkumur pakai air garam. Air garam terbukti sangat ampuh untuk meredakan nyeri pada gigi dan gusi. Cara ini bisa dilakukan sebagai langkah awal sebelum melakukan pengobatan ke dokter. Senyawa pada air garam, dapat membantu mengatasi peradangan, sehingga dapat meringankan sakit gigi. Namun sebelum berkumur, pastikan Anda telah membersihkan gigi terlebih dahulu, lalu setelahnya berkumurlah dengan air garam yang sudah dipersiapkan.

  1. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Cara selanjutnya sebagai penanganan awal sakit gigi adalah dengan meminum obat pereda nyeri. Golongan obat dari Paracetamol, bisa digunakan untuk menghilangkan nyeri pada gigi. Anda bisa membelinya di toko obat langganan Anda atau memesannya secara online lewat toko.sehatq.com. Namun pastikan, untuk selalu membaca petunjuk tentang pemakaian obat yang tertera di label kemasan. Nah, jika setelah mengkonsumsi pbat pereda nyeri namun sakit gigi belum hilang, maka ada baiknya Anda segera memeriksakan gigi ke dokter.

Leave a reply "Tips SehatQ.com: Cara Mengobati Sakit Gigi yang Ampuh"