Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Bahan Alami

No comment 227 views
pembersih mesin cuci

 

Membersihkan mesin cuci dapat dilakukan dengan dua cara, yakni menggunakan bahan kimia dan menggunakan bahan-bahan alami. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Misalnya untuk pembersih mesin cuci dari bahan kimia. Dalam pemakaian jangka panjang, pembersih kimia dapat merusak mesin. Sedangkan jika menggunakan bahan alami, mesin bisa menjadi lebih awet namun membutuhkan waktu yang lebih lama, sehingga kurang efisien.

Namun setidaknya, itulah yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum Anda memilih bahan pembersih apa yang ingin Anda gunakan. Dan bila pembersih dari bahan alami yang menjadi pilihan Anda, ada baiknya Anda simak terlebih dahulu langkah-langkah dalam membersihkan mesin cuci berikut ini;

  1. Bersihkan bagian luar mesin cuci

Meskipun sangat sering terlihat, ternyata bagian luar mesin cuci (bagian body) justru yang paling sering diabaikan. Padahal, bagian ini cukup sering bersentuhan dengan tangan maupun kain kotor, sehingga timbul noda pada bagian luar mesin cuci.

Untuk membersihkannya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan sebuah kain lap, dan bejana air yang sudah dicampurkan dengan cuka putih. Gunakan air cuka ini untuk membasahkan kain lap, dan lakukan proses pengelapan secara rata ke seluruh permukaan luar mesin cuci termasuk bagian tutupnya. Cuka dapat mengangkat noda yang menempel pada mesin cuci, namun agar tidak menimbulkan bercak air, pastikan lap yang digunakan tidak terlalu basah.

  1. Membersihkan tabung mesin cuci

Tabung merupakan bagian mesin cuci yang paling sering bersinggungan dengan pakaian kotor. Biasanya noda pada pakaian juga akan turut menempel di bagian tabung. Jika tidak sering dirawat, maka noda akan menjadi sulit untuk dihilangkan. Cara membersihkan tabung mesin cuci sebenarnya hampir sama dengan membersihkan permukaan luar mesin cuci, yakni menggunakan cuka putih. 4 Sendok cuka putih dicampurkan dengan air hangat, hingga bagian pemutar mesin cuci tertutupi. Kemudian nyalakan mesin cuci, dan biarkan memutar hingga beberapa saat. Proses pemutaran ini juga dapat menghilangkan sisa deterjen yang menempel pada bagian sela-sela tabung, sehingga tabung menjadi lebih bersih dan dapat berfungsi optimal.

  1. Membersihkan bagian filter mesin cuci

Filter merupakan bagian penting dari mesin cuci yang berfungsi untuk menangkap kotoran saat proses mencuci pakaian berlangsung. Letaknya di tabung utama mesin cuci dan menempel dekat dengan keran air bersih. Filter ini terbuat dari sejenis kain kassa, bila terdapat kotoran seperti kapas, benang, rambut dan sejenisnya akan terperangkap pada filter tersebut dan menumpuk. Biasanya filter mesin cuci wajib dibersihkan setiap seminggu sekali, dengan cara melepasnya dari katup penampungan dan membuang kotoran yang terperangkap didalamnya. Tidak ada bahan khusus untuk membersihkannya, Anda hanya cukup membilasnya dengan air bersih dan mengeringkan bagian filter ini sebelum dipergunakan kembali.

Leave a reply "Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Bahan Alami"