Manfaat Membacakan Dongeng Bergambar oleh Ayah untuk Si Kecil

Dongeng Bergambar

 

Ayah merupakan sosok inspiratif bagi anak-anaknya. Apa saja yang dilakukan oleh ayah, biasanya akan ditiru dengan cepat oleh anaknya. Oleh karena peran ayah yang begitu berpengaruh inilah, maka sudah selayaknya ayah kerap membiasakan hal-hal yang baik sehingga anak akan menirunya dan menjadikan kebiasaan yang baik pula dalam kehidupannya di masa mendatang.

Nah, mungkin anda masih ingat dengan cerita-cerita (dongeng) yang pernah dibacakan oleh ayah sebelum anda tidur. Dongeng itu, merupakan salah satu hiburan yang paling dinantikan oleh anak sebelum adanya tayangan video melalui ponsel genggam. Membiasakan membacakan dongeng bergambar atau fabel atau semacamnya sebelum si kecil tidur, memang sudah terbukti sangat ampuh untuk membangun daya nalarnya, ataupun meningkatkan kecerdasan emosionalnya. Apalagi saat anda membacakan dongeng, kemudian melakukan interaksi ringan terhadapnya. Maka si kecil akan lebih mudah menerima pesan yang tersirat dalam cerita dongeng yang diperdengarkan padanya.

Sejumlah penelitian di dunia telah membuktikan bahwa, kegiatan mendongeng ternyata memiliki banyak manfaat terutama bagi si kecil. Beberapa diantaranya yaitu;

  1. Meningkatkan kemampuan berbahasa anak

Mungkin anda masih ingat, tat kala ayah mendongeng untuk Anda semasa Anda kecil. Saat bercerita, ayah memang paling senang menghubungkan cerita dengan hal-hal atau objek lain yang relevan pada cerita yang ia bacakan. Nah, itu bukanlah sesuatu yang menyalah, malah justru sebaliknya, ayah hanya ingin membuka pemahaman anaknya tentang pesan yang ada dalam cerita itu. Dengan begitu, akan muncul rasa penasaran dihatinya dan pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan berbahasa anaknya. Sebab, secara otomatis akan timbul pertanyaan-pertanyaan yang mengundang rasa penasaran anak.

  1. Membaca adalah kegiatan yang menyenangkan

Pada dasarnya kegiatan membaca, entah itu membaca koran, majalah, buku, dongeng dan sejenisnya adalah aktifitas yang menyenangkan. Maka dari itu, anda sebagai ayah harus menularkannya kepada anak-anak, sehingga ia akan terbiasa untuk membaca. Pilihlah bacaan apa yang paling ia sukai. Jika ia lebih memilih untuk membaca dongeng, maka persiapkan berbagai macam dongeng yang lucu namun tetap mendidik.

  1. Mempererat ikatan emosional antara anak dan ayah

Banyak penelitian yang telah dilakukan dan menunjukkan hasil bahwa, dengan meluangkan waktu sedikit, minimal menjelang si kecil tidur. Maka dapat membangun kedekatan emosional antara anak dan ayahnya. Selain itu, kebiasaan mendongeng ini akan membentuk perilaku positif dan juga rasa percaya diri yang kuat pada anak. Namun perlu Anda ketahui juga, bahwa mendongeng tidak hanya bisa dilakukan pada malam hari dan menjelang tidur saja. Di waktu-waktu santai si kecil, anda juga bisa membacakan dongeng untuknya, sehingga dapat mengurangi waktu untuk bermain game atau melihat-lihat video di ponsel.

  1. Perilaku anak menjadi lebih baik

Fatherhood Institute, yah.. istilah ini sebenarnya tidak berlebihan jika ditujukan kepada sosok ayah. Karena memang terbukti, jika dongeng-dongeng yang dibacakan oleh ayah, dapat membentuk perilaku anak menjadi lebih baik dan lebih mudah berkonsentrasi.

Bahkan dalam keluarga yang broken home sekalipun, perhatian ayah kepada anaknya dapat secara perlahan mengubah perilaku anak menjadi lebih baik. Meskipun perhatian yang diberikan hanya sekedar membacakan dongeng untuknya, maka itu pun dapat memberikan energi baru padanya.

Leave a reply "Manfaat Membacakan Dongeng Bergambar oleh Ayah untuk Si Kecil"