Begini Perkembangan Janin 4 Bulan di Rahim Ibu

No comment 309 views

Perkembangan Janin 4 Bulan

Memasuki usia kehamilan 4 bulan, Ibu hamil seharusnya sudah dapat merasakan kejut-kejutan kecil yang diberikan oleh si calon bayi. Menurut sejumlah pakar, perkembangan janin 4 bulan memang sudah terasa signifikan perbedaannya. Selain perut yang mulai terlihat buncit, akibat rahim yang kian membesar. Ibu hamil juga akan mulai merasakan gerakan-gerakan kecil dan aktif dari janin.

Milestone bayi ini sebenarnya juga sudah mulai terasa ketika kandungan memasuki usia 3 bulan, namun gerakan-gerakannya masih terkesan samar. Namaun akan semakin terasa pada usia janin 4 bulan ke atas. Nah pada usia ini pula, organ-organ tubuhnya mulai lengkap sehingga janin sudah menyerupai bentuk manusia. Namun orang tersebut belum berfungsi, sehingga butuh pematangan agar organ janin menjadi lebih sempurna.

Nah, berikut ini adalah perkembangan janin saat memasuki usia 4 bulan di rahim Ibu:

  1. Memasuki usia 4 bulan, janin akan mulai mendewasakan dirinya. Maksud pendewasaan ini adalah karena organ tubuh janin sudah lengkap seperti layaknya tubuh manusia. Hanya saja butuh waktu untuk pematangan agar tubuh bayi menjadi lebih sempurna.
  1. Organ-organ tubuh yang mengalami pendewasaan antara lain adalah bagian telinga luar. Pada usia tersebut, telinga luar janin mulai mengeras dan terbentuk sempurna.
  1. Di usia janin 4 bulan, ia sudah bisa mendengarkan suara yang berada di luar rahim. Biasanya kalau sudah begini, dokter ataupun bidan akan menyarankan Ibu untuk selalu berkomunikasi (berbicara) dengan janin. Karena meskipun masih berada di dalam rahim Ibu, organ pendengarannya sudah berfungsi. Ia tetap bisa mendengar suara-suara romantis dari Ibu dan merekam di memori otaknya.
  1. Organ pendengaran janin akan terus berkembangn hingga ia berusia 7 bulan.
  1. Hal yang paling pertama di respon janin adalah saat ia mendengar suara ibunya.
  1. Pada masa ini, paru-paru janin juga sudah tumbuh sempurna, janin juga sudah mulai bernafas.
  1. Wajah janin usia 4 bulan juga sudah mulai terbentuk. Sehingga wajah tersebut dapat terlihat dengan samar oleh Ibu nya.
  1. Cara janin merespon suara Ibu adalah dengan mengeluarkan gerakan-gerakan kecil hingga kuat, ketika Ibu berkomunikasi dengannya.
  1. Indera pengelihatan janin memang belum sempurna di usianya yang ke-4 bulan. Namun matanya sudah sensitif terhadap cahaya yang datang ke arahnya. Jika bagian atas perut Ibu, di sinari dengan cahaya, maka secara refleks, janin akan menutupi bagian matanya dengan kedua tangannya.

Leave a reply "Begini Perkembangan Janin 4 Bulan di Rahim Ibu"