Kenali Jenis Metode Inseminasi Buatan!

No comment 326 views

perawatan kesuburan metode iui

Adanya kehadiran buah hati di dalam kehidupan rumah tangga anda dan pasangan tentu saja menjadi hal yang sangat didambakan setiap pasangan suami istri. Namun tidak jarang juga pasangan yang memang mengalami kesulitan dalam proses kehamilan karena adanya gangguan pada kesuburan.

Selain program kehamilan secara konvensional dengan meninggikan kualitas pola hidup melalui perbaikan pola makan, pola tidur, dan juga kesehatan dengan olahraga, masih ada lagi metode program kehamilan yang ditawarkan dari segi medis yang dapat membantu para pasangan yang mendambakan kehadiran buah hati.

Metode Injeksi Sperma

Prosedur injeksi sperma dilakukan dengan menyuntikkan sperma langsung ke dalam Rahim atau tuba falopi atau juga bisa di injeksikan langsung ke dalam sel telur. Sperma yang di injeksikan sebelumnya telah melalui proses pemilihan dimana sperma dengan kualitas terbaik akan terpilih dan sperma dengan kualitas rendah tidak akan digunakan.

Pemilihan sperma terbaik ini menaikkan peluang berhasilnya fertilisasi atau pembuahan yang terjadi di dalam Rahim wanita. Proses inseminasi biasanya sering disebut pembuahan semi alami karena pembuahan tetap terjadi di dalam tubuh perempuan namun dibutuhkan bantuan.

Jenis Inseminasi Buatan

  1. Intracervial Insemination (ICI)

Intracervial Insemination (ICI) merupakan jenis inseminasi buatan yang paling sering digunakan, dimana sperma di injeksikan ke dalam serviks atau leher Rahim. Sperma yang di injeksikan kemudian bergerak secara mandiri melalui Rahim dan akhirnya menemukan ovum untuk proses pembuahan.

Metode ini tidak begitu invasif dan juga memiliki peluang keberhasilan yang lebih rendah dibandingkan dengan metode lainnya.

  1. Intrauterine Insemination (IUI)

Perawatan kesuburan metode IUI kurang lebih sama dengan inseminasi buatan dengan metode ICI. Perbedaan proses IUI dan ICI terletak pada metode injeksi dimana pada metode IUI sperma dimasukkan ke dalam Rahim dengan menggunakan kateter. Setelah injeksi, sama halnya dengan metode ICI bahwa sperma diharapkan bergerak secara mandiri menuju ovum

  1. Intratubal Insemination (ITI)

Metode Intratubal Insemination (ITI) merupakan jenis metode yang lebih canggih dibandingkan dengan metode IUI maupun metode ICI. Metode ITI termasuk proses yang invasive dan dapat di kategorikan sebagai metode yang mahal.

Pada metode ini, sperma di injeksikan langsung ke dalam kedua tuba falopi dengan maksud agar sperma tidak perlu berenang secara mandiri menuju ovum sehingga tingkat keberhasilan akan meningkat

Leave a reply "Kenali Jenis Metode Inseminasi Buatan!"