Cara Jitu Mengatasi Kolik Pada Bayi

No comment 17 views
Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi

 

Kolik merupakan gangguan kesehatan pada bayi yang membuat bayi terus-menerus menangis tanpa henti dan tanpa sebab yang pasti. Biasanya, kolik ini terjadi pada malam hari saat si kecil tidur dengan lelap. Meskipun hingga saat ini belum diketahui sebab pasti terjadinya kolik, namun menurut sejumlah pakar kesehatan bayi, kolik bisa disebabkan karena sistem pencernaan yang terganggu, reaksi alergi si kecil terhadap makanan hingga refleks lambung bayi.

Ketika bayi mengalami kolik, sebenarnya ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk meredakannya. Diantaranya adalah dengan memberikan makanan-makanan tertentu, khusus bayi yang sudah berusia 6 bulan keatas tentunya. Berikut cara mengatasi kolik pada bayi yang bisa dilakukan.

  1. Peppermint

Peppermint bisa menjadi aroma teraphi untuk memberikan efek tenang saat kolik. Capurkan 1 sendok teh peppermint pada minyak pijat bayi, kemudian olesi secara menyeluruh ke area perut si kecil sambil memberikan pijatan lembut. Aktifitas ini bisa dilakuakn 2 kali sehari saat si kecil istirahat siang dan malam.

  1. Jeruk

Buah yang mengandung vitamin C yang cukup tinggi ini ternyata sangat jitu untuk mengatasi kolik pada bayi. Memberikan perasan jeruk pada bayi hanya bisa dilakukan saat si kecil memasuki masa MPASI, yakni di usia 6 bulan keatas. Jus jeruk dapat diberikan secara berkala hingga frekuensi koliknya berangsur mereda. Namun yang perlu diperhatikan juga, pemberian jus jeruk tidak disarankan dalam kondisi dingin, melainkan hangat.

  1. Kompres

Saat bayi mengalami kolik, Anda bisa mengompresnya dengan menggunakan air hangat. Letakkan handuk yang lembut pada bagian perut bayi hingga suhu handuk menjadi normal dengan sendirinya. Lalu ulangi langkah-langkah tersebut hingga kolik si kecil mereda. Air hangat yang dibasahkan pada handuk, akan memberikan rasa nyaman dan tenang pada perutnya. Sehingga dengan begitu, anak akan tenang dengan sendirinya.

  1. Membantu si Kecil Bersendawa

Terkadang, saat bayi minum ASI, udara turut masuk ke dalam perutnya sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman (sebah).  Udara ini tentunya harus dikeluarkan agar tidak menyebabkan bayi kolik di malam hari. Menepuk bagian tengkuk si kecil saat setelah minum ASI, dapat membantu si kecil bersendawa. Saat sendawa, udara yang berada di dalam perutnya akan keluar sehingga melegakan pencernaan.

Leave a reply "Cara Jitu Mengatasi Kolik Pada Bayi"