Bahaya Menunda Mencuci Botol Susu Bayi

No comment 26 views
sabun botol susu bayi

 

Bayi mengkonsumsi susu bisa dikatakan cukup sering dan rutin, sehingga tidak heran jika penggunaan botol susunya juga banyak dan sering. Hal ini pun berpengaruh pada aktivitas Anda, yang mungkin merasa sedikit terganggu. Sebab walaupun mencuci botol susu bayi tergolong ke dalam aktivitas ringan, tetapi tidak ada habisnya. Sehingga terkadang Anda merasa malas atau lelah yang kemudian menunda untuk mencuci botol susu tersebut.

Padahal menunda dalam mencuci botol susu si bayi bisa berbahaya. Mengapa demikian? Berikut terdapat penjelasan singkat terkait bahaya dari menunda mencuci botol susu si bayi.

  • Botol Akan Lebih Mudah Terkontaminasi Oleh Bakteri

Botol susu biasa diisi dengan ASI Perah (ASIP) dan juga susu formula, yang mana keduanya itu cukup mudah untuk terkontaminasi bakteri. Sehingga jika Anda menunda dalam mencuci botol susu tersebut, memungkinkan untuk bakteri terus berkembang biak. Hal ini tentu saja dapat membahayakan kesehatan bayi Anda. Sehingga sangat penting untuk mencuci botol sesegera mungkin, dan gunakan sabun botol susu bayi agar lebih bersih.

  • Terpapar Oleh Kuman

Tidak hanya bakteri, kuman juga bisa timbul dan menyebar jika botol susu tidak segera dicuci. Tidak hanya dari menunda dalam mencuci botol susu, kuman juga bisa datang dari tangan Anda. Jadi sebaiknya sebelum mencuci botol susu bayi tersebut Anda harus mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu. Sebab jika botol sudah terpapar oleh kuman dapat berbahaya, karena bisa menyebabkan rotavirus atau hepatitis A.

  • Terinfeksi Gastroenteritis

Botol susu bayi yang Anda tunda cucinya bisa terinfeksi oleh Gastroenteritis, yang mana berbahaya bagi usus bayi Anda yang dapat membuatnya terkena muntah-muntah dan diare. Sehingga sebisa mungkin Anda harus mencucinya dengan segara, tidak hanya botol susunya tetapi juga nipple dotnya.

Untuk menghindari bahaya tersebut, Anda bisa melakukan sterilisasi pada botol susu si bayi. Anda juga bisa menghindarinya dengan mencuci botol susu tersebut menggunakan Sleek Baby. Produk ini adalah sabun botol susu yang memakai bahan aman dan dapat menghilangkan bau tidak sedap pada botol susu tersebut. Untuk informasi lebih jelas, Anda bisa mengunjungi website berikut https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/tips-mengatasi-bau-pada-botol-susu-bayi.

Leave a reply "Bahaya Menunda Mencuci Botol Susu Bayi"