Gejala Muntaber Pada Anak Patut Diperhatikan

No comment 23 views
obat muntaber pada bayi

 

Penyakit muntaber termasuk sebagai penyakit yang menyerang sistem pencernaan manusia. Muntaber lebih sering menyerang anak-anak karena antibody mereka yang belum terlalu kuat. Oralit menjadi salah satu obat muntaber pada bayi yang sering digunakan oleh para ibu untuk menghentikan pengeluaran cairan dalam tubuh. Selain itu, bermanfaat untuk mengantikan cairan yang keluar.

Muntaber biasa menyerang siapa saja karena virus tersebut nempel di minuman dan makanan. Tidak hanya virus penyakit ini juga bisa disebarkan oleh bakteri. Parahnya, virus atau bakteri ini bisa menuluar. Jadi, ketika anak ibu bersalaman dengan teman yang terkena muntaber. Biasanya anak itu berpotensi lebih tinggi untuk terkena muntaber. Maka ada baiknya untuk lebih menjaga kebersihan.

Gejala Muntaber Pada Anak

  1. Muntah dan Diare

Ketika anak ibu diare diserta muntah sudah menjadi awal dari gejala muntaber. Semua cairan keluar sampai anak lemas. Kondisi ini akan mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi. Untuk menguranginya ibu bisa memperbanyak minum pada si kecil. Ketika anak tidak mau, ibu bisa mensiasati dengan memberikan air secara sedikit demi sedikit. Jika masih bayi ASI lebih baik.

  1. Sakit Perut

Gejala lain yang ditimbulkan dari muntaber adalah mengalami kram, kembung, dan sakit perut. Biasanya hal ini akan membuat anak ke sakitan dan mulai diare. Untuk mengurangi nyeri tersebut ibu bisa menyuruh anak untuk tiduran dan meminumkan paracetamol. Ibu tidak perlu panik, tetap buat anak senyaman mungkin agar dia bisa segera istirahat.

  1. Mudah Capek

Gejala lain yang sering muncul pada penderita muntaber ialah tubuh merasa cepat lelah. Pegal dibeberapa bagian tubuh, dan kurang nafsu makan. Namun, ibu harus paham bahwa ketika tubuh tidak terisi makanan akan berakibat pada lemas dan hilangnya tenaga. Maka ada baiknya, asupan makanan dengan tekstur lembut masih tetap diberikan.

  1. Mulut dan Bibir Kering

Ketika gejala seperti ini sudah tampak, ada baiknya ibu langsung membawa si kecil ke rumah sakit untuk mendapat penanganan khusus. Selain itu, frekuensi urine yang semakin sedikit,  dan rasa haus yang berlebihan. Semua gelaja tersebut harus langsung mendapat penanganan khusus dari dokter.

  1. Sakit Kepala

Berikutnya penderita akan mengalami sakit kepala berlebih. Berbeda dari cara cepat menyembuhkan luka, penyakit ini akan tepat jika dilakukan pertolongan yang tepat.

Cara Mencegah Muntaber

  • Langkah sederhana yang bisa ibu lakukan untuk mencegah muntaber adalah mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan membasuhnya dengan air mengalir.
  • Sebaiknya jangan makanan dan minuman mentah.
  • Jasa kebersihan lingkungan rumah dan sekitarnya.

Kenali gejala-gejala tersebut dan lakukan pertolongan dengan tepat. Muntaber bisa disembuhkan sendiri. Namun, ibu jangan lupa ketika frekuensi BAB semakin sering anak harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapat pengobatan yang sesuai.

Leave a reply "Gejala Muntaber Pada Anak Patut Diperhatikan"