Tips Menciptakan Ide Usaha Kreatif

No comment 32 views

Usaha Kreatif

Modal memang merupakan salah satu faktor penting bagi keberhasilan sebuah usaha. Tanpa modal, sangat sulit sebuah usaha itu untuk berjalan dan menghasilkan laba. Namun bukan berarti modal adalah satu-satunya faktor yang menentukan berhasilan, loh! Karena selain modal, ide usaha kreatif adalah faktor lain yang tidak kalah pentingnya.

Di sekitar kita mungkin banyak sekali tempat usaha yang menjual ‘sesuatu’ yang sama. Nah, tanpa adanya ide kreatif, tentu akan sangat sulit untuk dapat bersaing dan merangkul banyak pelanggan. Tidak sedikit orang yang gagal dalam usahanya, hanya dikarenakan hal ini. Meskipun ‘ia’ unggul di modal, namun apabila lemah di ide kreatif, maka lambat laun usaha itu juga tidak akan berjalan normal.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin terjun di dunia usaha. Sebaiknya jangan terburu-buru untuk menjalankannya. Fikirkan dengan matang, dan temukan ide kreatif apa yang bisa Anda terapkan pada usaha Anda nantinya. Nah untuk membantu Anda, berikut ini adalah tips untuk menciptakan ide usaha kreatif yang bisa menghasilkan laba.

  1. Menciptakan Hal Baru dan Berbeda

Mungkin Anda pernah memperhatikan di suatu tempat di sepanjang jalan banyak terdapat usaha makanan, sebut saja ayam penyet. Dan coba Anda bayangkan bila Anda adalah salah satu pembelinya. Pasti Anda akan merasa bingung mau makan ayam penyet dimana. Karena sepanjang jalan tersebut, semua hanya menjajakan ayam penyet yang terkesan biasa saja, tanpa ada sesuatu yang istimewah. Nah, jika kondisinya seperti ini, maka Anda sebagai pelanggan pasti akan memilihnya secara acak. Walaupun Anda sendiri tidak yakin dengan rasa dari makanan yang dijual tersebut.

Membuat sebuah usaha juga harus memerlukan ide kreatif. Logika berfikirnya seperti ini, “jualan boleh sama, namun beri sesuatu yang berbeda agar jualan Anda terlihat istimewa”. Nah, jika ide kreatif sudah Anda temukan, maka walaupun disepanjang jalan tersebut hanya menjual ayam penyet, maka pembeli akan tetap berdatangan ke usaha Anda. Karena Anda telah memberikan sesuatu yang berbeda pada ayam penyet yang Anda jual. Misalnya dengan membuat sambal yang unik dan lebih enak, tempat makan yang cozy dan sebagainya.

Memang tidak dapat dipungkiri untuk mendapatkan ide yang baru dan berbeda itu tidaklah mudah. Bahkan tak sedikit orang yang berani membayar mahal seorang yang ahli demi mendapatkan ide kreatif tersebut. Namun percayalah, jika Anda sudah menemukannya, maka Anda pun akan mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat.

  1. Menciptakan Kebutuhan Konsumen

Menemukan ide usaha kreatif juga bisa dilakukan dengan mengamati apa saja yang menjadi kebutuhan orang lain. Sebagai contoh, perusahaan yang memproduksi minuman elektrolit satu-satunya di dunia. Kebutuhan orang akan minuman yang mengandung elektrolit, menjadi peluang yang bagus untuk menciptakan produk yang bisa langsung di minum. Padahal, minuman elektrolit ini bisa diperoleh secara mudah pada air kelapa. Harganya pun juga sangat terjangkau. Namun karena masalah kepraktisan, produk minuman tersebut tetap laris manis diserbu oleh konsumen.

  1. Memanfaatkan Setiap Peluang yang Ada

Setelah mengamati apa saja yang menjadi kebutuhan konsumen, maka selanjutnya jangan melewatkan setiap peluang yang ada. Ingat, sekecil apapun peluang yang muncul, maka manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya.

Mungkin Anda masih ingat dengan kepopuleran sostel (sosis telur). Jajanan ini kembali populer setelah viral di media sosial. Viralnya sostel, dimanfaatkan dengan baik oleh banyak orang, sehingga menjadi sebuah usaha yang cukup menjanjikan. Apalagi didukung dengan peralatan yang unik, sehingga membuat banyak orang menjadi penasaran dan akhirnya membeli.

Leave a reply "Tips Menciptakan Ide Usaha Kreatif"