Daftar Game e-Sport Terpopuler di Asia Tenggara

No comment 31 views
Game e-Sport FIFA 20

 

Olahraga elektronik atau yang lebih di kenal dengan istilah e-sport, sudah mulai populer di Asia Tenggara, tak terkecuali Indonesia. Hal ini terbukti setelah diselenggarakannya SEA Games 2018 yang pertama kalinya dimana salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan adalah e-sport. Dan tahun ini, e-sport pun akan kembali hadir pada perayaan SEA Games 2019 di Filipina, dengan beberapa games populer yang akan diperlombakan.

Di Asia Tenggara sendiri ada beberapa game e-sport yang sangat ramai penggunanya. Dan besar kemungkinan, game-game tersebut juga akan dihadirkan pada SEA Games yang akan datang. Nah, berikut adalah game e-sport yang populer di beberapa Negara di Asia Tenggara.

  1. Mobile Legends

Kepopuleran Mobile Legends sebagai game multiplayer online battle arena (MOBA) memang sudah tidak dibantahkan lagi dikalangan pecinta e-sport. Game ini dikembangkan oleh developer game asal Shanghai, Moonton. Berkat kepopulerannya itu, game tersebut telah dipertandingkan pada ajang bergengsi Mobile Legends: Bang Bang Professional League dan Piala Presiden di Indonesia. Dan kabarnya tahun ini pun, pada SEA Games 2019, Mobile Legend juga akan dipertandingkan pada salah satu cabang e-sport, tanggal 30 November 2019 mendatang di Filipina.

  1. FIFA 20

Game besutan EA Sports ini termasuk game e-sport terbaru yang siap untuk populer di sejumlah negara di Asia Tenggara. FIFA 20 rencananya akan dihadirkan untuk perangkat Playstation 4, Xbox One, Nontendo Switch, dan Microsoft Windows. Sayangnya games ini tidak masuk ke dalam daftar game yang dipertandingkan di ajang SEA Games tahun ini. Namun meskipun begitu, mengingat kesuksesan pendahulunya FIFA 19, games ini masih berpeluang muncul pada event-event selanjutnya.

  1. Dota 2

Dota 2 adalah game yang dikembangkan oleh perusahaan Valve Corporation. Game ini juga termasuk game dengan genre e-sport. Dota 2 merupakan game yang dimainkan dengan multiplayer secara online. Terdapat lebih dari 100 karakter yang bisa dimainkan serta memiliki berbagai koleksi senjata, power up dan perangkat tambahan lainnya yang dapat meningkatkan kemampuan atau kekuatan dari karakter-karakter dalam permainannya.

Karena game ini termasuk e-sport, sedikitnya telah ada 2 event game besar yang mempertandingkan Dota 2 ini, yakni pada event ESL One dan Dota 2 The Internasional. Kabarnya, tahun ini Dota 2 juga menjadi salah satu game yang dipertanding di SEA Games 2019 November yang akan datang.

  1. Pro Evolution Soccer (PES)

Game ini juga tidak kalah menariknya dengan game-game populer sebelumnya. Game besutan perusahaan Konami ini merupakan game e-sport sepakbola yang sangat populer di kalangan gamer. Tahun lalu, Pro Evolution Soccer juga dipertandingkan pada event Asian Games. Namun tahun ini sepertinya PES tidak lagi dipertandingkan, mungkin akan ada game baru yang menggantikan posisinya. Namun bagi Anda pecinta game e-sport, bisa mengikuti keseruannya pada event tahunan berskala internasional lain seperti PES League yang rutin dipertandingkan setiap tahun.

  1. Arena of Valor (AOV)

Game multiplayer online battle arena (MOBA) ini mulai populer di sejumlah negara sejak keikutsertaannya pada event Asian Games 2018 lalu. Game yang di usung oleh Group Timi Studio ini memang layak diperhitungkan sebagai e-sport karena memang seru dan penuh intrik-intrik dalam setiap pertarungan. Di Arena of Valor terdapat dua tim (Light dan Dark) yang akan bertarung  pada arena 3x3 atau 5x5. Pemain harus bertarung pada kedua arena tersebut untuk menjadi pemenangnya.

Leave a reply "Daftar Game e-Sport Terpopuler di Asia Tenggara"