Keuntungan Mengajukan Kredit Usaha bagi Wirausahawan

No comment 47 views
Kredit Usaha

 

Untuk menjalankan sebuah usaha pastinya membutuhkan sejumlah modal. Semakin besar usaha tersebut, tentu modal yang dibutuhkan juga akan semakin besar. Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha. Misalnya dengan menjual berbagai aset yang ada, menggadaikan properti atau kendaraan, meminjam kepada keluarga/kerabat, hingga mengajukan kredit usaha bagi wirausahawan pada lembaga keuangan terpercaya. Tentunya ini membutuhkan perencanaan yang matang. Jangan sampai dikarenakan kebutuhan akan modal, hal-hal yang sifatnya sangat vital justru akan menjadi korban.

Kalau di suruh memilih, mungkin mengajukan kredit usaha ke bank adalah salah satu cara yang paling aman dan cepat untuk mendapatkan modal usaha. Setidaknya itulah yang banyak disarankan oleh sejumlah pengusaha yang sudah sangat berpengalaman dalam menjalankan dan memajukan usahanya. Selain transaksinya cepat dan mudah, mengajukan kredit ke bank juga relatif lebih aman. Sebab, hitung-hitungannya sudah sangat jelas dan ada tenggat waktu pembayaran yang harus dipatuhi. Berbeda halnya jika kita harus meminjam modal pada keluarga atau kerabat, sering kali yang seperti itu justru berakhir pada perselisihan.

Ngomong-ngomong soal mengajukan kredit ke bank, sering kita mendengar pengalaman seseorang yang mengatakan jika mengajukan kredit usaha ke bank itu rumit dan bertele-tele. Meskipun memang ada benarnya juga, namun perlu di garis bawahi bahwa, urusan tersebut akan rumit jika Anda tidak memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh bank. Sebab, bank tidak akan mau melakukan pencairan sebelum semua persyaratan yang dibutuhkan terpenuhi dengan baik. Maka dari itu, sebelum Anda mengajukan kredit usaha ke bank, pastikan bahwa seluruh persyaratan sudah Anda penuhi, agar proses pencairan dapat berjalan dengan lancar.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk mengajukan kredit usaha ke bank. Sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu, apa saja keuntungan yang bisa diperoleh dari mengajukan kredit ke bank. Lebih lanjut, silahkan simak ulasannya berikut ini:

  1. Nilai pinjaman yang diberikan bisa sangat besar

Keuntungan pertama yang bisa diperoleh dari mengajukan kredit ke bank adalah Anda bisa mendapatkan nilai pinjaman yang lebih besar. Jumlah pinjaman tersebut nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda. Semakin besar usaha yang Anda jalankan, maka bank juga tidak akan ragu-ragu untuk memberikan nilai pinjaman yang lebih besar. Bahkan nilai pinjaman tersebut bisa bertambah berkali-kali lipat, jika Anda termasuk nasabah kategori lancar. Dan ini jelas akan sangat menguntungkan Anda.

  1. Tersedia pilihan pinjaman dengan sistem syariah (bebas riba)

Bagi Anda yang sangat memperhatikan kehalalan usaha Anda. Anda juga bisa memilih mengajukan pinjaman dengan sistem syariah (bebas riba). Sistem Syariah ini hampir tersedia di setiap bank di Indonesia, kecuali pada bank sentral. Sistem ini memang sedang naik daun karena bunga yang di bebankan juga lebih rendah dari sistem bank konvensional. Nantinya, nilai pinjaman akan menyesuaikan dengan kemampuan Anda dalam mencicilnya, sehingga Anda pun akan lebih nyaman dalam mengajukan pinjaman di bank tersebut.

  1. Bisa menentukan besarnya cicilan dan tenor

Jika dibandingkan saat Anda mengambil kredit pada rentenir, kredit usaha di bank jauh lebih menguntungkan buat Anda. Selain Anda lebih leluasa untuk menentukan besarnya cicilan, Anda pun lebih bebas untuk memilih jangka waktu pembayaran (tenor). Hitung-hitungan di bank pun lebih jelas dan transparan. Bahkan Anda bisa melakukan konsultasi terkait pinjaman Anda, sehingga nantinya Anda tidak akan terbebani saat melakukan pembayaran cicilan.

Leave a reply "Keuntungan Mengajukan Kredit Usaha bagi Wirausahawan"