Tanda Bayi Anda Alergi Telur

No comment 36 views

Alergi Telur

Telur ayam merupakan salah satu makanan pokok yang mudah di dapat serta memiliki cita rasa yang enak. Tak hanya itu saja, telur ayam juga mengandung nutrisi yang sangat lengkap, sehingga telur ayam sangat tepat untuk diberikan pada bayi. Akan tetapi meskipun sangat bergizi, pemberian telur pada bayi sebaiknya harus di kontrol dengan tepat. Sebab, tak jarang bayi yang baru diberikan makan telur, mengalami reaksi alergi seperti kulit memerah ataupun gatal-gatal. Maka dari itu, jika orang tua memiliki riwayat alergi telur, sebaiknya berhati-hati karena bisa jadi bayi Anda juga akan mengalami hal yang sama.

Menurut sejumlah pakar kesehatan di dunia, kandungan protein pada susu sapi, kacang-kacangan dan telur dapat menimbulkan reaksi alergi, terlebih jika di konsumsi oleh bayi. Biasanya alergi akan berlangsung beberapa menit setelah si kecil mengkonsumsi telur ayam. Namun tak jarang juga ada yang justru baru mengalami setelah sejam mengkonsumsi telur. Untuk tanda awal juga tidak begitu tampak, namun kebanyakan bayi yang mengalami alergi setelah memakan telur ditandai dengan kulit yang memerah (ruam) dan sebagainya. Nah, lebih jelasnya mengenai hal ini, berikut tanda bayi yang mengalami alergi setelah mengkonsumsi telur ayam.

1. Kulit Memerah (Ruam)

Sebagai tanda awal, biasanya saat bayi mengalami alergi karena mengkonsumsi telur, akan timbul ruam pada kulit. Ruam ini biasanya ditandai dengan kulit memerah pada beberapa bagian tubuh. Tak hanya ruam, biasanya reaksi ini juga dibarengi dengan rasa gatal yang hebat. Namun pada bayi, rasa gatal ini akan diungkapkan si kecil dengan rewel hingga menangis. Jika tidak segera ditangani maka ruam ini akan semakin parah dan dapat menimbulkan eksim.

2. Bengkak di area bibir dan mata

Tak hanya ruam, bayi mengalami alergi setelah mengkonsumsi telur juga bisa ditandai dengan terjadinya pembengkakan di sekitar wajah, terutama pada bagian bibir dan mata. Reaksi pembengkakan ini, akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman karena bibir atau bagian mata yang membengkak akan menyisakan rasa perih, gatal, dan panas. Bahkan pada tingkat yang lebih serius, pembengkakan bisa sampai terjadi di bagian lidah.

3. Mata merah

Selain mata menjadi bengkak, reaksi alergi juga bisa menimbulkan mata menjadi merah. Kondisi ini juga biasa dibarengi dengan rasa gatal pada bagian mata. Anda bisa memperhatikan gerak-gerak bayi Anda. Jika usai memakan telur ayam, kemudian selang beberapa saat ia terlihat berusaha menggaruk-garuk area mata dan sekitarnya, maka besar kemungkinan bayi Anda mengalami alergi.

4. Pembengkakan tenggorokan dan hidung tersumbat

Alergi yang timbul setelah bayi memakan telur biasanya juga dibarengi dengan tenggorokan yang membengkak (pembengkakan amandel). Mungkin ini tidak akan Anda sadari, karena bayi pada dasarnya tidak bisa mengeluh akan rasa sakit yang dialaminya. Namun saat bayi Anda menyusui, barulah Anda sadari ketika ia menolak untuk meminum susu, hal ini dikarenakan rasa sakit yang membuat bayi menjadi malas atau sulit untuk menelan susu. Selain tenggorokan yang membengkak, alergi juga dapat menyebabkan hidung bayi menjadi tersumbat. Penyumbatan ini bisa dikarenakan amendel yang membengkak hingga menutupi rongga hidup, yang membuatnya menjadi kesulitan untuk bernafas. Terkadang, penyumbatan ini juga bisa dikarenakan flu, sehingga muncul lendir pada bagian hidung yang menutupi saluran pernafasannya. Jika sudah begini, segeralah bawa bayi Anda ke rumah sakit untuk mendapat penanganan yang tepat.

Leave a reply "Tanda Bayi Anda Alergi Telur"