Alternatif Pinjaman Modal Usaha Selain KUR

No comment 60 views
Pinjaman Modal Usaha

 

Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan satu-satunya cara untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dengan cepat dan tanpa jaminan. Yah, tidak dapat dipungkiri juga, karena memang KUR lah cara yang paling sering digunakan oleh orang-orang saat ini, karena memang proses pencairannya yang terbilang mudah. Namun, perlu Anda ketahui juga, bahwa sebenarnya KUR bukanlah satu-satunya pinjaman modal untuk usaha yang bisa dimanfaatkan, karena selain KUR masih ada beberapa alternatif lain yang bisa memberikan manfaat yang sama bagi Anda yang membutuhkan modal usaha.

Nah, jika Anda masih berkutat pada KUR, ada baiknya mulai sekarang` Anda mencoba alternatif lain selain KUR untuk mendapatkan modal usaha dengan cepat dan mudah. Untuk informasi selengkapnya, silahkan simak uraiannya berikut ini.

1. Kredit UMi

Sekilas istilah UMi bermakna ‘umi’ yang sebenarnya dalam bahasa arab. Namun perlu Anda ketahui, Kredit UMi yang dimaksud adalah Kredit Ultra Mikro, dimana yang menjadi sasarannya adalah para pelaku usaha sangat kecil.

Kredit UMi sebenarnya hampir sama dengan KUR. Hanya saja KUR masih belum bisa menjangkau hingga ke pelosok desa-desa. Jadi disini kredit UMi berperan untuk menjangkau semua lapisan usaha hingga ke pelosok-pelosok daerah sekalipun, sehingga dapat memberikan bantuan modal usaha bagi pengusaha sangat kecil yang sangat membutuhkan modal.

Berbeda dengan dengan KUR, pemberian kredit UMi tidak hanya terbatas sebagai modal usaha saja. Kredit UMi juga bisa digunakan untuk membentuk karakter wirausaha di tengah masyarakat pedesaan.

Untuk mendapatkan kredit UMi ini, Anda bisa mengunjungi lembaga keuangan non bank yang telah secara resmi bekerja sama dengan pemerintah melalui (PIP), seperti PT Pegadaian, PT Permodalan Nasional Madani dan PT Bahan Arta Ventura.

Dan sesuai dengan peruntukannya, plafon kredit UMi ini terbilang sangat sedikit, dimana angka maksimalnya hanyalah 10 juta dan tenor maksimal selama 48 bulan. Namun bagi pelaku usaha sangat kecil, tentu plafon yang sangat kecil ini sudah sangat membantu sekali agar usaha tetap berjalan baik bahkan mampu berkembang.

2. Koperasi

Mungkin Anda pernah berfikiran jika koperasi merupakan lembaga pemberi pinjaman yang sudah sangat ketinggalan zaman. Nah, jika Anda masih berfikir seperti ini, maka sebaiknya buang-buang jauh pemikiran seperti ini. Meskipun keberadaannya sudah sangat lama, namun koperasi masih sangat dibutuhkan khususnya bagi mereka pengusaha mikro yang membutuhkan modal usaha.

Sebenarnya ada banyak keuntungan meminjam uang di koperasi, diantaranya Anda bisa mendapatkan bunga yang lebih rendah dibanding KUR. Selain itu, syarat yang dibebankan juga lebih ringat, dan Anda juga berhak mendapatkan bagi hasil usaha pada akhir tahun.

Namun untuk mendapatkan pinjaman modal usaha, Anda harus mendaftar menjadi anggota koperasi terlebih dahulu. Dengan membayarkan iuran koperasi setiap bulannya sesuai dengan ketentuan perusahaan, maka saat Anda membutuhkan pinjaman modal, maka Anda sudah bisa langsung mengajukannya kepada pihak koperasi.

3. Fintech

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pinjaman untuk modal usaha adalah dengan meminjamnya melalui Fintech. Fintech merupakan cara baru dalam dunia perbankan untuk mendapatkan sejumlah pinjaman dengan cepat dan tanpa jaminan.

Semua transaksi dilakukan secara online melalui aplikasi android. Sasarannya tentu adalah pelaku usaha yang menggunakan IT sebagai roda penggeraknya. Namun, bila Anda memilih meminjam uang melalui Fintech, maka sebaiknya pilihlah perusahaan Fintech yang terdaftar di OJK. Sehingga dengan begitu Anda akan lebih aman dan nyaman saat melakukan transaksi keuangan disitu.

Leave a reply "Alternatif Pinjaman Modal Usaha Selain KUR"