Cara Usir Kutu Beras dengan Cepat

No comment 62 views
Kutu Beras

 

Beras merupakan makanan pokok bagi sebagian besar orang Indonesia. Beras termasuk bahan makanan kering yang dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama untuk digunakan sewaktu-waktu. Karena daya simpannya yang cukup lama ini, banyak orang yang menyimpan beras dengan jumlah yang banyak, dengan tujuan agar lebih mudah dan cepat bila sedang dibutuhkan. Akan tetapi perlu diketahui pula, jika menyimpan beras dengan jumlah yang banyak juga memiliki resiko bila menyimpannya tidak tepat. Menyimpan beras secara sembarang, dapat mengundang kutu beras sehingga membuat beras menjadi rusak dan tidak bisa dikonsumsi lagi.

Nah, bila Anda kerap mengalami masalah dengan kutu beras. Ada beberapa hal yang sebenarnya bisa dilakukan untuk mengusir kutu beras dengan cepat dan mudah. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

1. Jemur Beras di Bawah Sinar Matahari

Kutu beras pada dasarnya sangat menyukai kondisi lingkungan yang lembab. Nah, jika beras yang Anda simpan terlalu lama maka bisa saja menjadi lembab dan mengundang datangnya kutu. Jika sudah begini, cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengusir kutu pergi dari beras-beras Anda, adalah dengan cara menjemur beras di bawah terik matahari. Panas matahari agar membuat beras kembali kering. Sehingga beras yang kering dan panas (karena sinar matahari) akan membuat kutu pergi meninggalkan beras. Bahkan jika tertalu lama terkena matahari, kutu akan mati kering. Sehingga dengan begitu, beras akan kembali bersih seperti sediakala.

2. Tutup Menggunakan Kain Basah

Tak hanya membenci suhu panas, kutu juga sangat tidak menyukai tempat-tempat yang terlalu basah. Jika beras Anda berkutu, silahkan ambil kain yang bersih, kemudian basahkan dengan air, lalu tempatkan beras pada wadah dan tutup dengan kain basah. Dalam beberapa saat nanti, kutu-kutu akan keluar dari beras dan menempel pada kain yang basah. Selanjutnya tinggal musnahkan kutu-kutu tersebut agar tidak kembali lagi dan menyerang beras-beras yang Anda simpan.

3. Bekukan dari Freezer

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi kutu-kutu yang menyerang beras adalah dengan cara menyimpan beras yang sudah berkutu pada mesin pendingin (freezer). Caranya juga tidak begitu sulit, tempatkan beras yang sudah berkutu pada wadah tertutup atau bisa juga dengan menggunakan plastik bening. Lalu selanjutnya tinggal masukkan ke dalam freezer, hingga beberapa hari. Setelah 3-4 hari di dalam freezer, kutu-kutu akan mati karena suhu dingin. Jika semua kutu sudah mati, tinggal bersihkan beras dan jemur kembali agar tidak lembab. Cara ini juga ampuh untuk membunuh telur-telur kutu, sehingga dapat mencegahnya datang lagi.

4. Tambahkan Kulit Kayu Manis

Untuk pencegahan atau untuk mengusir kutu dari beras, Anda juga bisa menempatkan kulit kayu manis pada wadah penyimpanan beras. Aroma kulit kayu manis yang khas, sangat tidak di sukai oleh kutu maupun serangga kecil lainnya. Sehingga dapat mencegah kutu untuk datang dan berkembangbiak pada beras.

5. Gunakan Daun Salam Kering

Hampir sama dengan kulit kayu manis, daun salam kering juga bisa digunakan sebagai bahan alami yang cukup ampuh untuk mengusir kutu dari beras. Bumbu dapur yang memiliki aroma yang kuat ini, sangat dibenci oleh kutu. Cara penggunan daun salam kering untuk mengusir kutu juga tidak sulit. Ambil beberapa lembar daun salam kering, lalu tempatkan pada wadah penyimpanan beras. Dalam waktu beberapa saat, maka kutu-kutu yang ada di beras akan mulai pergi meninggalkan wadah penyimpanan beras.

Leave a reply "Cara Usir Kutu Beras dengan Cepat"