Cara Mencuci Botol Bayi yang Benar

No comment 23 views

Sudah benarkan cara mencuci botol bayi yang bunda lakukan selama ini? Biar lebih yakin lagi, yuk simak tata cara yang benar berikut ini.

Mencuci Botol Bayi

 

Pertama, penting untuk memilih sabun botol susu bayi yang tepat. Utamakan untuk memilih cairan pembersih khusus botol bayi. Sebab cairan ini memiliki formula yang aman dan termasuk pencuci foodgrade.Artinya, cairan itu sangat ramah bagi kecil dan tidak akan menimbulkan masalah bagi kesehatan kulit anak.

Kedua, pastikan untuk selalu membersihkan setelah dipakai. Misalnya nih, botol tersebut sudah digunakan si kecil pada malam hari. Jadi waktu pagi harinya bunda bisa langsung mencucinya sampai bersih. Jangan biarkan menunggu terlalu lama sebab dikhawatirkan nantinya botol bisa mengerak atau bahkan menguning. Selain itu, potensi berkembangnya kuman dan mikroorganisme juga main besar jika bunda menunda untuk mencuci botol bayi yang sudah digunakan ini.

Ketiga, lakukan sterilisasi dengan merebus botol. Ini langkah mudah yang bisa bunda lakukan. Jadi selain dengan menggunakan sabun botol susu bayi, bunda bisa melengkapinya dengan melakukan proses sterilisasi.

Cara paling gampang adalah dengan meletakkan botol susu, tutup, serta puting dot pada panci yang berisi air panas. Nah, tunggu sekitar 3 menit saja dan kemudian botol serta bagian lainnya itu bisa diambil. Tapi pastikan tangan bunda juga bersih ya.

Jika sudah, selanjutnya dot serta botol ini bisa disimpan di tempat yang steril. Bunda bisa menempatkannya di wadah tertentu dan kemudian meletakannya di dalam lemari es jika misalnya botol tersebut tak hendak segera dipakai.

Keempat, pastikan selalu tersedia pencuci foodgrade di rumah. Sebab cairan pembersih ini selalu dibutuhkan untuk proses membersihkan peralatan makan maupun botol si kecil.

Jika ingin lebih ampuh, bunda bisa coba untuk merendam botol serta dot itu di dalam air hangat, lalu masukkan juga cairan sabun botol susu bayi ini. Diamkan beberapa menit dan baru dikucek hingga bersih untuk memastikan tidak ada kuman yang tertinggal.

Prinsipnya sebetulnya sama pada beberapa cara di atas, yaitu tujuannya untuk menghilangkan kuman atau mikroorganisme yang mungkin bersarang di dalam botol. Kita bisa kombinasikan dengan menggunakan rebusan air panas serta cairan pencuci foodgrade. Kombinasi tersebut diharapkan membuat botol bayi akan selalu dalam kedaan steril, bersih dan sehat.

Leave a reply "Cara Mencuci Botol Bayi yang Benar"