Tips Berwisata Untuk Ibu Hamil

No comment 45 views
Tips Berwisata Untuk Ibu Hamil

 

Saat hamil, ada saat dimana seorang Ibu akan melakukan perjalanan jauh dan menghabiskan waktu hingga lebih dari 5 jam. Entah itu untuk perjalanan wisata, atau berkunjung ke tempat keluarga dan sebagainya. Tentu hal tersebut akan menjadi sangat berbeda, mengingat saat kondisi hamil tersebutu, Ibu membutuhkan persiapan khusus agar perkembangan janin dalam kandungan tidak terganggung. Selain itu rasa nyaman (tidak mengalami nyeri pinggang) atau gangguan lainnya harus sebisanya di minimalisir. Nah, Ibu adalah seorang Ibu hamil yang ingin berwisata? Silahkan simak tips berwisata saat hamil berikut ini.

1. Bepergian dengan mobil

  • Di usia kehamilan yang memasuki minggu ke 14 hingga ke-28 merupakan waktu yang paling tepat bagi Ibu hamil yang ingin melakukan perjalanan wisata. Menurut ahli kandungan, pada usia kehamilan ini, janin sudah cukup kuat untuk dibawa bepergian, sehingga dapat meminimalisir resiko keguruan dan bayi lahir prematur.
  • Jika melakukan perjalanan jauh antara 2-5 jam, sebaiknya Ibu hamil tidak melakukannya seorang ini. Mintalah seseorang seperti suami, ayah dan teman terdekat Anda untuk menemani perjalanan Anda.
  • Gunakan sabuk pengaman pada posisi yang lebih rendah, sehingga tidak menekan perut dan janin.
  • Jangan bepergian dengan perut kosong, apalagi jika Ibu masih mengalami¬†morning sickness. Selalu sediakan cemilan seperti roti creacker atau apapun yang bisa Anda makan saat perut Ibu terasa lapar dan mual.
  • Selalu sediakan obat-obatan yang sesuai dengan resep dokter, untuk mengatasi hal-hal yang bersifat¬†Urgent. Dan jangan lupa untuk membawa bantal penyangga untuk mengurangi rasa pegal-pegal di pinggang dan punggung.
  • Usahakan untuk mengistirahatkan badan setidaknya setiap 2 jam sekali. Ini juga berguna untuk mengurangi tekanan pada kandung kemih serta untuk memperlancar peredaran darah pada kaki.

2. Bepergian dengan pesawat

Beda halnya saat Ibu hamil bepergian dengan mobil. Saat bepergian dengan pesawat, Anda harus lebih merencanakan perjalanan Anda jauh-jauh hari. Anda bisa berkonsultasi pada dokter kandungan Anda, tentang kondisi janin sebelum dibawa bepergian. Selain itu, pihak maskapai memiliki aturan mengenai penumpang yang sedang hamil. Biasanya pada usia kehamilan 36 minggu, Ibu hamil dilarang melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat. Karena sangat beresiko terhadap janin dan Ibunya. Nah, jika Anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, berikut beberapa tips yang dapat membantu kenyamanan perjalanan Anda:

  • Sebaiknya tidak melakukan perjalanan udara melebihi 3 jam.
  • Pilihlah kursi pada bagian depan atau pada sisi lorong, sehingga dapat memungkinkan Anda untuk berdiri dan berjalan walau hanya sekedar meregangkan pinggang saja.
  • Minum cukup air, membawa makanan ringan sendiri dan membawa obat-obatan yang diperlukan.
  • Selalu siapkan dokumen tentang kehamilan Anda untuk hal-hal yang sewaktu-waktu bersifat mendesak.

Leave a reply "Tips Berwisata Untuk Ibu Hamil"