7 Tips Solo Traveling Bagi Pemula

No comment 107 views

Solo traveling bagi pemula memang agak sedikit menakutkan. Banyak yang gagal dan merasa khawatir karena tidak berani mengambil risiko dalam perjalanan. Terlebih kurang dukungan dari keluarga untuk melepas solo traveler menjelajahi negara atau tempat baru.

Padahal, tidak sedikit solo traveler yang sukses berkeliling dunia dan kini menjadi narasumber bagi orang-orang yang hendak mengikuti jejak menjadi solo traveler. Tak sedikit diantaranya bahkan merupakan kaum perempuan yang sering mendapat anggapan bahwa perempuan tidak mungkin melakukan solo traveling keliling dunia.

Solo Traveling

 

Anggapan seperti itu ternyata mampu dipatahkan dengan bukti. Tak sedikit solo traveler dari dalam negeri dan luar negeri yang sudah membuktikan bahwa solo traveling bukan lagi sesuatu hal yang menakutkan. Untuk kamu yang berencana menjalani solo traveling, ada baiknya membaca terlebih dahulu beberapa tips solo traveling bagi pemula berikut ini.

1 . Rencanakan perjalananmu

Merencanakan perjalanan dianggap penting untuk beberapa orang, apalagi bagi mereka yang hendak solo traveling. Buatlah itinerary sederhana dalam bentuk poin-poin saja. Tak perlu sesuatu yang mendetail. Apalagi jika kamu berencana solo traveling ke luar negeri, biasanya itinerary tetap dibutuhkan sebagai salah satu syarat pengajuan visa.

Merencanakan perjalanan bukan berarti harus tunduk 100 persen pada renacan yang sudah disusun. Terkedang ada beberapa kendala dilapangan yang memang kadang-kadang mengganggu jadwal yang sudah direncanakan.

Pentingnya sebuah perencanaan selain bisa menghemat energi, ongkos juga waktu. Ibarat berjalan tanpa arah dan tujuan pastilah kamu hanya bisa sedikit mendapatkan apa yang hendak dituju, beda dengan sebuah perencanaan. Dengan perencanaan yang baik, dalam satu hari bisa saja kamu mengunjungi 5 tempat yang berbeda dalam satu hari.

2. Berbaur dengan warga local, gunakan angkutan umum

Penyewaan kendaraan ada untungnya jika kamu sudah tahu lingkungan dan Negara yang dituju. Namun, pada dasarnya solo traveling itu bukan memanjakan diri namun mengenal sebuah tempat lebih dekat dari sebelumnya.

Salah satu cara untuk mengenal penduduknya dan negaranya tentu saja kamu harus berbaur dengan warga lokal. Salah satu yang direkomendasikan adalah menggunakan angkutan umum atau transportasi publik. Terlebih dengan menggunakan angkutan umum kamu bisa merasakan dan menilai sebuah Negara dari layanan transportasinya.

3. Gunakan aplikasi couch surfing

Keberadaan sebuah teman di luar negeri akan bisa mendapatkan banyak keuntungan. Apalagi jika temanmu itu adalah warga lokal. Nah, salah satu solusi untuk mendapatkan teman warga lokal tanpa harus terlebih dahulu datang ke Negara tujuan, kamu bisa menggunakan aplikasi couch surfing.

Aplikasi ini memang tengah gandrung di kalangan solo traveler. Kamu tidak hanya akan mendapatkan teman baru tapi juga kebaikan hati teman kamu untuk menginap di tempat yang disedikan. Jika beruntung kamu akan mendapatkan host yang baik hati dengan keluarga yang menyambut hangat.

Namun, sisi buruknya memang kamu harus lebih selektif memilih teman di luar negeri. Lakukan riset menggunakan jejaring sosial juga. Apakah ada review buruk tentang calon temanmu itu. Jika dirasa kurang cocok jangan ragu untuk membatalkannya.

Jika ingin cari hotel terbaik tanyakan pada orang lain yang sudah pernah menempatinya lewat review mereka. Jika kurang yakin kamu bisa langsung Booking tiket hotel di Reservasi.com karena terjamin lebih aman.

4. Waspada dengan Money Changer di luar negeri

Penipuan dan kenakalan-kenakalan warga lokal tetap harus diwaspadai. Terkadang malah bukan penduduk asli yang berusaha jahat terhadap pendatang. Malahan di beberapa Negara, mereka yang menjebak dan berusaha menipu traveler adalah para pendatang juga, pendatang dari Negara yang juga berkembang atau bahkan lebih parah lagi Negara miskin.

Salah satu yang direkomendasikan adalah tukarkan di money changer terpercaya dalam negeri. Riset terlebih dahulu harga kurs rupiah terhadap mata uang Negara yang hendak kamu kunjungi. Siapkan juga beberapa mata uang dollar karena hampir semua Negara bisa menerima dollar Amerika.

5. Pesan Hotel secara online

Untuk Negara tertentu bisanya meminta syarat booking hotel. Nah, jika kamu memiliki alasan untuk backpacking ke luar negeri, ada beberapa hotel yang menawarkan bayar saat tiba atau bayar belakangan.

Keuntungannya jika kamu tidak jadi menggunakannya, uang kamu tetap utuh dan kamu bisa mencari dan membandingkan langsung penginapan murah atau penginapan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu sendiri.

6. Baca review travel blogger lain

Salah satu cara para solo traveler untuk bisa melakukan riset dan mengenal Negara tujuan adalah dengan membaca orang yang pernah mengunjungi Negara yang sama dan menuliskannya. Biasanya kita mengenal orang tersebut sebagai travel blogger.
Pastikan kamu mendapatkan info yang akurat dan juga tips dan trik para travel blogger saat berkunjung ke Negara yang bakal kamu kunjungi.

7.  Cari waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat

Meskipun terdengar sepele padahal waktu memesan tiket pesawat sangat berpengaruh terhadap harga. Bagi solo traveler seperti kamu wajib tahu waktu-waktu tertentu yang memang bisa mendapatkan tiket pesawat murah.

Salah satu yang disarankan adalah pesan tiket pesawat hari Selasa, Rabu dan Minggu yang relatif lebih murah dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Pastikan juga pesan 90 hari sebelum keberangkatan untuk mendapatkan tiket murah. Jika beruntung kamu bisa mendapatkan 1 hari sebelum keberangkatan namun memang cukup berisiko.

Leave a reply "7 Tips Solo Traveling Bagi Pemula"