6 Persiapan Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Touring Motor

Touring Motor

Aktivitas touring dengan kendaraan bermotor merupakan jenis olahraga yang menyenangkan. Selain memacu adrenalin, kita pun bisa menjalin silaturahmi dengan teman-teman dalam satu komunitas. Tak mengherankan bila banyak komunitas touring motor yang aktif menjalankan agenda touring secara teratur.

Bukan hanya kemampuan mengendarai motor yang wajib kita miliki bila ingin berpartisipasi dalam kegiatan touring. Banyak hal yang mesti dipersiapkan secara matang, terutama 6 hal penting berikut ini:

Kondisi Fisik Harus Prima

Jangan menganggap enteng aktivitas touring motor jika kita belum pernah melakukannya. Karena aktivitas yang satu ini sangat menguras tenaga dan menguji ketahanan fisik. Kita harus memiliki kondisi fisik yang prima agar aktivitas touring berlangsung lancar. Usahakan untuk rutin melatih kebugaran fisik sejak satu hingga dua bulan sebelum touring. Tubuh yang kelelahan dan sakit akan membuat risiko kecelakaan lalu lintas semakin besar.

Pakaian yang Nyaman

Pakaian yang nyaman juga penting bila kita akan melakukan aktivitas touring motor. Kita harus menyiapkan aneka jenis pakaian berupa jaket anti air, kaos yang menyerap keringat, celana panjang, dan beberapa pakaian cadangan lainnya. Menggunakan pakaian yang nyaman akan membuat kita leluasa bergerak selama mengendarai motor.

Rute Touring yang Aman

Banyak peserta touring motor yang menyukai rute sulit untuk menguji adrenalin. Padahal rute-rute yang sulit dilewati juga berpengaruh terhadap keselamatan selama touring. Alangkah lebih baik jika kita memilih rute touring yang aman dan familiar. Sehingga risiko tersesat atau gangguan touring lainnya bisa diminimalkan.

Menyiapkan Uang Tunai Secukupnya

Jika kita sering touring ke daerah terpencil, tentu saja kita harus menyiapkan uang tunai dalam jumlah yang cukup. Karena biasanya fasilitas ATM sulit ditemukan di daerah-daerah terpencil di luar kota. Tak perlu membawa uang tunai terlalu banyak. Hitung dulu perkiraan budget yang kita butuhkan selama touring. Kemudian simpanlah uang tunai di tempat yang aman dan cukup mudah dijangkau.

Memeriksa Kondisi Motor Secara Keseluruhan

Kondisi motor harus berada dalam keadaan baik sebelum touring. Jangan sampai aktivitas touring terganggu akibat kerusakan motor. Periksalah semua komponen motor dan gantilah bagian-bagian yang mulai rusak. Maka touring motor akan berlangsung lancar tanpa kendala berarti.

Menggunakan Aksesoris Motor Berkualitas

Banyak aksesoris motor yang dibutuhkan untuk mendukung kenyamanan selama touring. Kita membutuhkan aksesoris bermanfaat berupa wind shield, box motor, jok motor dengan busa berkualitas, dan beragam aksesoris lainnya. Tak perlu khawatir jika tak sempat berburu aksesoris sebelum touring, Karena kini banyak toko aksesoris motor online yang menyediakan aneka aksesoris berkualitas. Kita wajib memilih aksesoris yang berkualitas untuk mendukung kenyamanan selama touring motor.

Sudah siap touring motor dalam waktu dekat?

Berbekal enam persiapan penting berikut ini, touring motor pasti berlangsung lancar dan menyenangkan. Pengalaman touring motor akan menjadi hal seru yang tak terlupakan bagi kita. Yuk jelajahi berbagai daerah dengan motor kesayangan!

6 Persiapan Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Touring Motor | amien | 4.5