Kampung Pelangi Semarang yang Instagramable

Bagi Kamu yang Hits di sosial media, pasti sudah tau dong dengan Kampung Pelangi Semarang? Yup.. tempat kekinian dan instagramable ini memang sedang hits dikalangan anak muda kota Semarang. Bahkan semakin terkenalnya, Kampung Pelangi Semarang tengah menjadi sorotan dunia. Loh.. kok bisa ya?

Kampung Pelangi Semarang

(Foto: Instagram@vegaviditama)

Kampung Pelangi Semarang yang terletak di Kampung Wonosari di Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Ide pembuatan kampung pelangi ini digagas oleh Bapak Slamet Widodo, yang merupakan Kepala Sekolah di kampung tersebut. Meskipun Kampung Pelangi bukan satu-satunya di Indonesia, karena ada beberapa daerah yang telah lebih dahulu membangun Kampung Pelangi. Namun Ide membuat Kampung Pelangi di bantaran sungai di Semarang ini memang patut di apreasi.

Awal mulanya ide membuat Kampung Pelangi Semarang ini muncul karena rasa prihatinnya Slamet melihat kondisi kampung tempat ia bertugas saat itu yang kumuh dan dipenuhi dengan sampah. Bahkan banyak bangunan warga yang tidak terawat lagi, baik struktur bangunan maupun catnya. Bersama warga setempat dan dibantu dengan pemerintah daerah, Slamat bahu-bahu membuat kampung di bantaran sungai terlihat lebih berwarna, membersihkan dan menjaga bantaran sungai agar tetap bersih.

Kampung Pelangi Semarang

(Foto: Instagram@vegaviditama)

Ada sekitar 232 rumah warga yang di cat dengan warna-warna yang cerah dan dibeberapa sudut kampung terdapat lukisan-lukisan yang dibuat dengan tekni seni Mural yang sangat indah. Sehingga gambar terlihat lebih hidup dan lebih menarik di kamera. Upaya yang dilakukan untuk membuat Kampung Pelangi Semarang ini menghabiskan dana tak kurang dari 300 juta, yang dikumpulkan dari masyarakat setempat dan juga donasi dari para warganet.

Hasil kerja keras itu kini sudah bisa dinikmati oleh siapapun yang ingin berkunjung ke kampung ini. Bahkan hampir setiap harinya tempat yang dulu terkenal kumuh itu, kini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal bahkan mancanegara. Rata-rata dari mereka yang datang, ingin mengabadikan foto-foto dengan lukisan-lukisan yang artistik dan menarik untuk dipamerkan di akun media sosial mereka.

Kampung Pelangi Semarang

(Foto: Instagram@dehertjan)

Berkat ramainya pengunjung yang datang, secara otomatis menambah pemasukan bagi warga Kampung Pelangi Semarang yang kini telah banyak beralih profesi sebagai pedagang makanan/minuman dan juga cenderamata. Nah, Kamu sudah berkunjung ke tempat asik ini? Silahkan datang langsung ke Kampung Pelangi Semarang, dan ciptakan foto-foto kreatif dan menarik Kamu untuk di Share di akun sosial media. Jangan lupa untuk gunakan hastag #KampungPelangi dan #SentraWisata, biar tempat ini semakin dikenal luas.