Wisata Kebun Raya Cibodas Dengan Pesona Beragam Jenis Tanaman

Foto Tempat Wisata Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas berdiri pada tanggal 11 April tahun 1852 oleh Johannes Ellias Teijsmann, seseorang kurator Kebun Raya Bogor, dengan awal nama yang di berikan yaitu Bergtuinte Tjibodas (atau dengan arti Kebun Pegunungan Cibodas). Di buat sebagai tempat aklimatisasi (Penyesuaian tumbuhan pada iklim berbeda sebagai akibat perpindahan) jenis tumbuhan asal luar negeri yang memiliki nilai utama, tempat tujuan wisata ini ada di kaki Gunung Gede serta Gunung Pangrango pada ketinggian 1. 300-1. 425 m diatas permukaan laut. Luas kebun raya Cibodas yaitu 84, 99 hektar dengan temperatur rata-rata 20, 06 derajat celcius, kelembaban 80, 82% serta rata-rata curah hujan 2. 950 mm per tahun.

Bila ingin singgah kesana, Anda tinggal ikuti jalan raya Puncak ke arah Cipanas. Lokasi berada di Jl.Raya Sindanglaya, Cipanas Cianjur, dengan telephone 0263-512233, 520448, atau 520467. Harga ticket masuk kebun raya ini relatif murah, yakni Rp. 6. 000, 00 per orang ; Rp. 15. 500, 00 per mobil ; serta Rp. 2. 500, 00 per motor. Tidak hanya sebagai tempat konservasi, tempat study, serta tempat pendidikan lingkungan, Kebun Raya Cibodas cocok sebagai obyek wisata.

Dr. F. W Went, seseorang pakar fisiologi tumbuhan yang berasal dari Jerman, menyebutkan sebagai salah satu Surga Dunia. Mengapa bisa istilah itu terucap olehnya? Saat datang kesana, barulah Anda dapat temukan jawabannya.

Sebagai lokasi yang mengoleksi beragam jenis tumbuhan yang mempunyai dasar ilmiah, infonya didokumentasikan dengan baik. Ada 10. 792 koleksi tanaman, 700 jenis koleksi biji, serta 4. 852 koleksi herbarium. Disimpan dalam dua tempat, yaitu pada area kebun dan area rumah kaca. Koleksi dirumah kaca terbagi dalam dari jenis tanaman anggrek (320 jenis), kaktus (289 jenis) serta sukulen (169 jenis). Tetapi, Anda dapat juga temukan jenis tumbuhan liar didalam kebun. Koleksi tanaman di kebun sejumlah 1. 014 jenis. Ada tanaman khas serta menarik, contohnya kina yang di kenal sebagai tanaman obat (Araucaria bidwill) yang disebut tanaman tua serta memiliki pokok batang besar, dan bunga bangkai (Amorphophallus titanium) yang memiliki bunga berukuran raksasa serta beraroma busuk sehingga bisa menarik serangga. Pastikan bahwa putra-putri Anda tidak menyentuh, memegang, apalagi memetik koleksi tanaman

Kebun yang luas ini adalah tempat yang nyaman untuk beristirahat sembari nikmati keindahan beragam jenis tumbuhan dari Indonesia serta negara lain. Sehabis lelah berjalan serta berlari-larian bersama-sama si buah hati, hamparan rumput yang luas diantara pohon-pohon bisa dijadikan sebagai ruang bermain atau berpiknik bersama keluarga besar Anda. Bila Anda mau nikmati pesona keindahan serta kesunyian malam dengan udara yang sejuk didalam lokasi, pengelola kebun raya ini juga sediakan penginapan. Dengan koleksi tanaman yang beragam macam serta udara dingin yang menyelimuti, bisa saja seperti itu berasa surga dunia. Tunjukkan apa pendapat Anda tentang Kebun Raya Cibodas yang disebut seperti itu saat Anda telah berkunjung kesana.

Wisata Kebun Raya Cibodas Dengan Pesona Beragam Jenis Tanaman | amien | 4.5